Wagub Abdullah Sani: Pemprov Jambi Menargetkan Penurunan Angka Stunting Sebesar 12 Persen pada Tahun 2024

Wagub Abdullah Sani: Pemprov Jambi Menargetkan Penurunan Angka Stunting Sebesar 12 Persen pada Tahun 2024

21,678
0

JambiIn.com-Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, menyampaikan bahwa penurunan angka stunting menjadi salah satu indikator keberhasilan Pemerintah Daerah dalam pembangunan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya dan menargetkan penurunan stunting sebesar 12 persen pada tahun 2024. Wagub Abdullah Sani menyampaikan hal ini saat membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Jambi di Aula Kantor Bapedda Provinsi Jambi pada Senin (19/2/2024).

Menurut Wagub Abdullah Sani, kegiatan percepatan penurunan stunting telah berlangsung selama 2 tahun, dan pada tahun ini akan ditentukan jumlah prevalensi stunting melalui SKI 2023. Wagub juga menekankan perlunya rapat antar bidang intervensi, termasuk Bidang Intervensi Spesifik dan Sensitif, Bidang Koordinasi dan Konvergensi, Bidang Pendampingan dan Kampanye Perubahan Perilaku, serta Bidang Monev dan Knowledge Management, untuk mencapai target penurunan stunting.

"Kita sangat memerlukan rapat antar bidang intervensi yang dilakukan oleh Bidang Intervensi Spesifik dan Sensitif, Bidang Koordinasi dan Konvergensi, Bidang Pendampingan dan Kampanye Perubahan Perilaku, serta Bidang Monev dan Knowledge Management, dengan pencapaian dan indikator yang mengarah pada pencapaian tujuan yang jelas," ujar Wagub Abdullah Sani.

Wagub Abdullah Sani berharap agar TPPS dapat memanfaatkan data center yang ada pada Diskominfo untuk menyajikan data stunting yang valid dan akurat. Dia juga membahas format laporan yang akan digunakan TPPS kecamatan dan desa agar laporan menjadi seragam bagi seluruh kecamatan dan desa di Provinsi Jambi.

Selain itu, Wagub Sani menyerahkan penghargaan kepada Pemenang Apresiasi TPPS Terbaik kecamatan dan desa se-Provinsi Jambi. Juara 1 TPPS Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan TPPS Desa Muaro Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi menjadi pemenang terbaik.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Putut Riyatno, juga menyampaikan bahwa diperlukan upaya kecepatan lintas program dan tugas sektor untuk mencapai target penurunan stunting di wilayah Indonesia. Rapat kerja TPPS Provinsi Jambi diharapkan dapat memberikan manfaat dalam evaluasi capaian kegiatan tahun 2023 dan penentuan strategi percepatan penurunan stunting pada tahun 2024. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar