UIN Jambi Jalin Kerjasama Dengan Semen Padang

UIN Jambi Jalin Kerjasama Dengan Semen Padang

28,320
0

JAMBIIN.COM-UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi memperluas kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka menjalankan tri darma perguruan tinggi. Pada kesempatan ini UIN Jambi melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Semen Padang di ruang ampiteater GMPU Kampus II UIN Simpang Sungai Duren, Kamis (7/9).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Bahrul Ulum., MA., dengan Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati yang disaksikan langsung Kepala Biro AAKK, Dr. H. A. Munir., MA.

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi., MA., Ph.D., yang hadir secara virtual sangat mengapresiasi kegiatan kerjasama ini, karena sebagai Perguruan Tinggi yang sedang membangun berbagai hal, UIN Jambi harus terus menjalin kerjasama dengan berbagai lini, baik pemerintah maupun perusahaan.

“Saat ini UIN Jambi tengah membangun banyak hal, salah satunya Fakultas Kedokteran, bahkan UIN  Jambi telah membuka beberapa Program studi umum. Hal ini sesuai dengan paradigma transintegrasi ilmu yang tengah di kembangkan di UIN Jambi. Ini guna mewujudkan lulusan saintis yang agamis dan lulusan agamis yang saintis,” jelas Rektor UIN Jambi.

Dr. Bahrul Ulum., MA., menjelaskan kegiatan ini sebagai langkah UIN Jambi dalam meningkatkan kerjasama dengan mitra perusahaan,  dimana alumni UIN Jambi ini nanti akan diminta untuk dapat bekerja disemua lini bukan saja sesuai dengan bidang keilmuan yang diampuhnya saat ini.

“Kerjasama ini juga untuk mengkoneksikan antara kebutuhan perusahaan kali ini PT. Semen Padang dengan UIN Jambi. Dimana saat ini UIN Jambi bukan hanya mengembangkan prodi agama saja tetapi prodi prodi umum,” jelas Dr. Bahrul Ulum.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga sebagai pengembangan MBKM, dimana mahasiswa bukan hanya belajar dikampus dan mengikuti perkuliahan seperti biasa tetapi juga menghitung SKS dari mata kuliah itu dengan langsung berpraktik di perusahaan tersebut.

"Pertemuan ini penting dilakukan karena dengan pertemuan ini kita akan membahas kebutuhan masing masing. Hal ini berkaitan dengan UIN Jambi sebagai penyalur SDN dengan pasar. Agar alumni kita bisa tetap eksis baik di pemerintahan maupun non pemerintahan,” tegas WR III.

Kegiatan ini juga sebagai agenda Semen Padang Mengajar untuk memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa. Dimana mahasiswa yang hadir bukan hanya mendapatkan penjelasan tentang PT. Semen Padang tetapi juga tips dan trik agar bisa masuk dalam dunia kerja dan pengembangan karir.

“Ini adalah salah satu dukungan PT. Semen Padang untuk dunia pendidikan. Dimana dengan memberikan gambaran bagaimana dunia pekerjaan ditambah pengembangan karir, dapat memberikan motivasi sehingga mahasiswa siap memasuki dunia kerja,” Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati. (*)
 

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini