Sepanjang Januari-Juni 2023, Dinsos Kota Jambi telah menangani 299 kasus PMKS.

Tangani 299 PMKS, Orang Terlantar Paling Banyak Ditemukan di Kota Jambi

93,107
0

JAMBIIN.COM - Dinas Sosial Kota Jambi mencatat telah menangani 299 kasus Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Jambi, pada periode Januari hingga Juni 2023. 

"PMKS di Kota Jambi terbagi menjadi sembilan kategori. Mulai dari Orang Dengan Ganguan Jiwa ( ODGJ), Orang Telantar (OT), Lansia Terlantar, Gelandangan dn Pengemis (Gepeng), Rekomendasi eks-Psykotik, Anak Jalanan (Anjal), Badut, Narkoba dan ABH," Kata Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Jambi Noviarman, Minggu (9/7).

Kata dia, dari semua kategori PMKS, kasus OT paling banyak di semester pertama tahun ini. Kasus OT di Kota Jambi sepanjang semester pertama 2023 sebanyak 84 kasus. Kasus tertinggi terdapat di bulan Januari dengan 25 kasus OT.

"Untuk Gepeng menjadi yang terbanyak kedua di semester pertama ini, yaitu sebanyak 83 kasus. Kasus terbanyak Gepeng terdapat pada Mei dengan 31 kasus," katanya.

Kata Noviarman, Dinas Sosial Kota Jambi juga disibukkan dengan kasus Rekomendasi eks-Psykotik. Dimana terdapat 70 kasus di semester pertama tahun ini. Badut jalanan yang banyak di jumpai di Simpang lampu merah, dan jalanan hingga pintu keluar Mall Kota Jambi hanya 16 kasus.

Tidak seperti tahun lalu, kasus ODGJ di awal semester pertama ini hanya 30 kasus, sementara itu di tahun lalu terdapat 155 kasus sepanjang tahun.

Sementara itu lansia, Anjal ABH kasusnya cukup rendah di semester pertama tahun ini, dimana angkanya berada di bawa 10 kasus selama 6 bulan. 

Penulis: Ali Ahmadi

Editor: Ali Ahmadi