RSUD Abdul Manap Siapkan Ruangan Bernafas Gratis Hadapi Kabut Asap

RSUD Abdul Manap Siapkan Ruangan Bernafas Gratis Hadapi Kabut Asap

26,335
0

JAMBIIN.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Manap di Kota Jambi telah mengambil langkah kesiapsiagaan untuk menghadapi kondisi kabut asap akibat karhutla.

RSUD tersebut telah menyiapkan ruangan khusus yang berisi beberapa tabung oksigen untuk membantu warga yang mengalami gangguan pernafasan akibat kondisi udara yang buruk.


Kabid Pelayanan Medik RSUD Abdul Manap, dr. Yulinda Fetri Tura M.Kes, mengungkapkan bahwa pemerintah kota Jambi telah menyarankan rumah sakit untuk menyediakan ruang bernafas dengan persediaan oksigen.

"Ruangan ini akan menjadi tempat bagi masyarakat yang menderita penyakit asma atau penyakit paru-paru lainnya yang mengalami kesulitan bernafas akibat kabut asap," katanya.


Ruangan bernafas ini sudah pernah disiapkan oleh rumah sakit ketika menghadapi masalah kabut asap beberapa tahun yang lalu.

Ruangannya terletak di lantai empat dan terdiri dari 15 tabung oksigen yang siap digunakan oleh warga.

Pelayanan ruangan bernafas ini disediakan secara gratis, sehingga masyarakat yang kesulitan bernafas karena kabut asap diharapkan datang dan memanfaatkannya.


Namun, hingga saat ini, belum ada yang memanfaatkan fasilitas ini.

Yulinda Fetri Tura mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker sebagai tindakan pencegahan terbaik.

Meskipun ruangan bernafas tersedia, pencegahan masih menjadi langkah yang lebih baik dalam menghadapi kondisi udara yang buruk. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini