Komitmen Bina Keselamatan Kerja di Industri Migas, Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan Subroto 2023

Komitmen Bina Keselamatan Kerja di Industri Migas, Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan Subroto 2023

27,644
0

JAMBIIN.COM- Kilang Pertamina Plaju (PT Kilang Pertamina Internasional - Refinery Unit III Plaju), sebuah perusahaan yang bergerak di industri pengolahan migas dan petrokimia, terus berkomitmen untuk menjaga keselamatan di lingkungan kerja. Hal ini sangat penting mengingat risiko keselamatan yang tinggi di kilang minyak yang telah beroperasi selama lebih dari seabad.

Dalam pengakuan atas konsistensi penerapan sistem manajemen keselamatan migas serta pemenuhan aspek keselamatan kerja dan lingkungan kerja, Kilang Pertamina Plaju kembali meraih Penghargaan Subroto 2023 dalam kategori Pembinaan Keselamatan Kerja Migas yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM.

Penghargaan ini mencerminkan komitmen Kilang Pertamina Plaju untuk menciptakan budaya kerja yang aman di lingkungan kerja.

General Manager Kilang Pertamina Plaju, Yulianto Triwibowo, menerima penghargaan ini dari Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, pada Jumat (29/9/2023). Yulianto mengapresiasi kinerja para perwira Kilang Pertamina Plaju yang berkomitmen pada aspek dan budaya HSSE.

Ia menekankan bahwa Kilang Pertamina Plaju, sebagai penyumbang 60% energi di wilayah Sumbagsel, terus memastikan lingkungan kerja yang aman dan berkelanjutan.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, berharap bahwa para penerima penghargaan akan terus termotivasi untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam pembangunan sektor ESDM.

Penghargaan Subroto, yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017, menjadi apresiasi tertinggi dari Kementerian ESDM kepada entitas yang berprestasi dalam memajukan sektor Energi dan Sumber Daya Mineral nasional. Proses penilaian penghargaan ini mencakup penilaian administrasi dan penilaian lapangan.

Terakhir, Yulianto memohon dukungan dan doa dari semua pihak dan stakeholder agar Kilang Pertamina Plaju tetap aman dalam operasinya dan dapat terus memproduksi energi terbaik untuk negara.

Dukungan untuk Implementasi ESG & SDGs

Penghargaan bergengsi dalam keselamatan kerja ini menunjukkan komitmen Kilang Pertamina Plaju terhadap implementasi aspek ESG (Environmental, Social & Governance), terutama dalam aspek sosial, di mana kesehatan dan keselamatan kerja menjadi prioritas utama. Hal ini sesuai dengan ambisi PT KPI untuk menjadi perusahaan kilang dan petrokimia kelas dunia.

Kilang Pertamina Plaju telah menunjukkan komitmen tinggi dalam menerapkan standar tertinggi dalam HSSE untuk melindungi kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan pekerja, serta dalam persiapan dan respons terhadap situasi darurat untuk mencegah kecelakaan besar di seluruh area kerja unit operasi dan proyek.

Pada saat yang sama, kilang yang beroperasi dengan risiko tinggi ini juga mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam melindungi hak-hak tenaga kerja dan mempromosikan lingkungan kerja yang aman dan terjamin. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini