Prof Suaidi Rektor UIN Jambi Terima Kunjungan Ketua DPD RI

FOTO: uinjambi.ac.id

Prof Suaidi Rektor UIN Jambi Terima Kunjungan Ketua DPD RI

109,873
0

JAMBIIN.COM-Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof Dr H Su’aidi MA PhD menyampaikan beberapa hal penting tentang UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam 3 tahun terakhir saat menerima kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti di kampus lokomotif perubahan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Senin (26/6).

"Dengan paradigma transintegrasi ilmu kami ingin menjadikan UIN Jambi menjadi destinasi pendidikan tinggi terbaik di Sumatera,” ungkap Prof Su’aidi.

Paradigma transintegrasi ilmu yaitu sebuah upaya untuk menyatukan antara ilmu agama dan ilmu umum untuk menciptakan alumni ulama yang saintis, saintis yang ulama.

Di hadapan Ketua DPD RI Prof. Su’aidi juga menyampaikan visi dan misi serta gambaran singkat tentang UIN Jambi. Untuk mewujudkan hal tersebut UIN Jambi telah melakukan langkah-langkah strategis yang hasilnya sudah mulai terlihat diantaranya perankingan dunia, fakultas kedokteran, dan lembaga konservasi.

Hari ini, UIN Jambi merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah Kementerian Agama RI yang masuk ke dalam perankingan dunia Times Higher Education. Dengan masuknya UIN Jambi dalam perankingan dunia banyak perguruan tinggi luar negeri yang ingin bekerjasama salah satunya yang sudah berjalan yaitu program COIL (Collaborative Online International Learning) hasil Kerjasama dengan Michigan State University.

UIN Jambi saat ini juga tengah membuka beberapa prodi baru salah satunya fakultas kedokteran yang selangkah lagi akan dibuka. Rencana pembukaan prodi kedokteran di UIN Jambi ini berdasarkan analisis yang telah dilakukan sebelumnya bahwa provinsi Jambi masih sangat kekurangan dokter. Dengan dibukanya fakultas kedokteran UIN Jambi akan menjadi kampus PTKIN kedua yang memiliki prodi kedokteran di Sumatera.

Rencana besar yang tengah berjalan di UIN Jambi lainnya yaitu pendirian lembaga konservasi taman satwa yang saat ini tenga menunggu untuk izin pengelolaan hewan. Apabila izin ini didapatkan UIN Jambi akan menjadi Perguruan tinggi kelima di dunia dan pertama di Asia yang memiliki lembaga konservasi taman satwa. Dengan adanya Lembaga konservasi nantinya akan memunculkan bisnis turunan yang sudah dikaji secara maksimal dan akan segera dilaksanakan pembangunannya mulai tahun ini.

Melalui kunjungan Ketua DPD RI kali ini Prof. Su’aidi selaku rektor mengharapkan dukungan penuh dari DPD RI untuk UIN Jambi dalam rangka meningkatkan SDM di Jambi.
“UIN Jambi saat ini sedang berubah dan kami ingin anggota DPD RI yang berasal dari Jambi ada dalam sejarah perubahan UIN Jambi," ucap Rektor.

Menutup sambutannya Prof. Su’aidi menyampaikan salah satu event besar yang akan diselenggarakan UIN Jambi yaitu Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang akan dilaksanakan pada 25 Juli mendatang dengan diikuti 22 kampus PTKI se-Sumatera dan 3 kampus luar negeri. 

Sumber: uinjambi.ac.id

Penulis:

Editor: Khotib Syarbini