Pj Bupati Muaro Jambi Terkejut, Sekdis DLH dan Kadis Kominfo Nyaris Baku Hantam

Pj Bupati Muaro Jambi Terkejut, Sekdis DLH dan Kadis Kominfo Nyaris Baku Hantam

117,198
0

JAMBIIN.COM- Puncak peringatan hari Lingkungan Hidup se dunia yang digelar Pemkab Muaro Jambi  di Kebon Sembilan Kecamatan Sungai Gelam, Kamis (22/6/2023) sedikit tercoreng. Di tengah meriahnya kegiatan ini, Sekretaris Dinas (Sekdin) Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Alfian Fahmi ngamuk dan nyaris baku hantam dengan Kadis Kominfo Faisal Harahap.

"Kau mau apo Sal," kata Alfian dengan wajah merah dan sambil memukul meja.

Tak senang dengan ucapan itu, Faisal langsung berdiri. Sontak orang di sekitar Alfian dan Faisal langsung memisahkan keduanya. Termasuk Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah.

Kemungkinan, jika tidak dipisahkan, keduanya akan terlibat baku hantam. Bahkan bisa-bisa satu dari mereka ada yang terluka.

Selang beberapa waktu, terdengar ada letusan balon. Ternyata Alfian Fahmi yang ngamuk-ngamuk tadi hanya acting belaka. Dia ingin memberikan kejutan untuk Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah yang tengah berulang tahun ke-51 pada hari ini.

Setelah itu datang secara bergantian kue ulang tahun dan tumpeng untuk dipotong oleh PJ Bupati. Potong tumpeng ini diiringi dengan alunan musik dan riuhnya tepuk tangan. "Saya terkejut. Kok bang Fahmi marah-marah dengan Faisal," kata Bachyuni.

Sementara itu acara puncak hari lingkungan hidup berlangsung meriah. Hadir dalam kegiatan itu Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, Sekda Muaro Jambi, Kajari Muaro Jambi, Dandim, Wakapolres, sejumlah Kadis dilingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan ratusan tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan itu dilaksanakan penanaman pohon, sunatan massal, rekam e-KTP, perizinan, pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan kegiatan sosial lainnya.Kegiatan tahun ini mengangkat tema solusi untuk sampah plastik dengan semangat, ayo kendalikan sampah plastik. 

 Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga dan mengatasi permasalahan lingkungan untuk kehidupan yang berkelanjutan.

" Kampanyekan sampah plastik harus dimulai dari kita masing-masing individu. Dengan memulai mengurangi penggunaan barang sekali pakai seperti kantong kresek pipet air minum kemasan dan lain-lainnya," katanya. 

"Jargon buanglah sampah pada tempatnya harus segera kita rubah dengan mengumandangkan jargon-jargon baru

 Seperti pilahlah sampah pada tempatnya kemudian sampahmu tanggung jawabmu atau sampahku menjadi tanggung jawabku," tambahnya.

Kegiatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat Kabupaten Muaro Jambi ini dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan yang pertama meliputi perlombaan kita laksanakan lomba video pendek untuk tingkat mahasiswa dan pelajar kemudian ada lomba foto tingkat mahasiswa dan pelajar kemudian ada lomba desain baliho untuk tingkat mahasiswa belajar dan satu lagi lomba artikel ilmiah.

Lomba dilaksanakan sejak tanggal 25 Mei 2023 sampai dengan 15 Juni 2023 pelaksanaan lomba ini berkat kerja sama dari berbagai pihak.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan kepada kelompok swadaya masyarakat TPS 3M berupa kendaraan roda tiga untuk para pemenang nanti akan diberikan hadiah dan uang pembinaan. Pengurangan sampah di Kabupaten Muaro Jambi dilakukan oleh mereka kita berharap target pengurangan sampah mencapai 250 persen dapat kita lakukan di seputar dan wilayah perkotaan Kabupaten Jambi.(ari)

 

 

 

 

 

 

Penulis: Ari

Editor: Paisal Kumar