Penting Diketahui! Rumus 3 Detik di Tol Untuk Cegah Tabrakan Beruntun

Penting Diketahui! Rumus 3 Detik di Tol Untuk Cegah Tabrakan Beruntun

93,068
0

JAMBIIN.COM, Saat berkendara di jalan raya maupun jalan tol, pastikan untuk selalu hati-hati demi menjaga keselamatan selama perjalanan. Bagi pengguna jalan tol, pastikan juga sudah menerapkan rumus 3 detik di tol. Apa itu rumus 3 detik? Berikut ini ulasannya.

Jadi, rumus 3 detik ini merupakan rumus yang digunakan untuk mencegah atau meminimalisir risiko tabrakan beruntun di jalan tol. Penggunaan rumus 3 detik memungkinkan pengendara untuk menjaga jarak aman saat menginjak rem mendadak sehingga tak langsung menabrak kendaraan lain.

Lantas, bagaimana cara menerapkan rumus 3 detik di tol? Untuk menerapkan rumus 3 detik di Jalan tol ini bisa disesuaikan dengan situasi maupun kondisi yang dihadapi. Untuk selengkapnya, berikut ini penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Buat patokan untuk injak rem

Saat akan masuk atau keluar gerbang tol, kadang para pengendara harus antri terlebih dulu karena gerbang tol cenderung terbatas.

Dalam situasi seperti ini, sebaiknya setiap pengendara harus menjaga jarak aman untuk meminimalisir adanya tabrakan dengan kendaraan lain.

Adapun caranya yaitu menerapkan patokan untuk injak rem ketika kamu melihat ada kendaraan lain berhenti . Contohnya, kamu bisa memanfaatkan marka jalan sebagai patokan saat Kamu melihat ada kendaraan lain berhenti dan kemudian injak rem.

2. Pastikan waktu pantau dan rem yaitu 3 detik

Rumus 3 detik berikutnya yaitu pastikan durasinya 3 detik saat melakukan pemantauan dan injak re. Saat kamu berkendara di tol, biasanya akan ada kendaraan di depan kendaraan kamu yang mendadak berhenti. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memantau kendaraan di depanmu.

Pastikan waktu yang dibutuhkan untuk memantau kendaraan di depan dan injak rem berdurasi 3 detik. Selama waktu 3 detik ini, kamu bisa membuat jarak aman untuk mencegah adanya tabrakan.

3. Jangan kurang 3 detik waktunya

Rumus 3 detik yang juga penting untuk diketahui saat ada di jalan tol yaitu pastikan durasi pantau dan injak rem tidak kurang dari 3 detik waktunya. Jika kurang dari 3 detik, maka jarak kendaraan kamu dan kendaraan yang ada di depan kamu bukanlah termasuk jarak aman.

Karena hal ini, kamu pun akan kesulitan melakukan manuver karena kekurangan ruang mengubah haluan kendaraan. Pastikan juga kamu selalu hitung 3 detik saat akan injek rem atau saat akan menjaga jarak guna menghindari tabrakan.

Demikian ulasan mengenai cara menerapkan rumus 3 detik di tol guna mencegah tabrakan beruntun yang penting untuk diketahui para pengendara. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Penulis:

Editor: