PAW Iron dan Yatno Segera Diverifikasi

PAW Iron dan Yatno Segera Diverifikasi

Isi Kekosongan KPU Kota Jambi dan Merangin

82,623
0

JAMBIIN.COM-Dua calon Pengganti Antar Waktu (PAW) Yatno dan Iron Sahroni segera diverifikasi KPU Provinsi Jambi. Keduanya adalah Khoirina Usman untuk Kota Jambi dan Zurhatmi Jaya untuk pengganti Iron Sahroni di KPU Merangin. 

Divisi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Provinsi Jambi, Edison mengatakan KPU akan mengirimkan surat ke dua Calon PAW untuk segera melengkapi berkas.
Keduanya kata mantan komisioner KPU Muaro Jambi ini, merupakan peringkat teratas setelah Komisioner KPU Kota Jambi dan Merangin yang ada saat ini.

Setelah berkas keduanya lengkap, KPU Provinsi Jambi akan melakukan proses verifikasi untuk menentukan kelayakan keduanya menjadi anggota KPU. "Dalam beberapa hari kedepan akan kita lakukan verifikasi, apakah masih memenuhi syarat atau tidak," ucapnya.

Hasil verifikasi tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke KPU RI jika dinyatakan layak maka akan dilantik sebagai anggota KPU Kota Jambi dan Merangin. Akhir Masa Jabatan anggota KPU Kota Jambi dan Merangin hanis pada Desember 2023, artinya keduanya masih akan bekerja 5-6 bulan hingga Desember.

Seperti diberitakan sebelumnya, komisioner KPU Kota Jambi bakal diisi perempuan. Dari penelusuran JAMBIIN.COM, sesuai rangking ada nama Khoirina Usman. Khoirina Usman
sendiri berada dirangking ke 7. Sementara rangking 6 Arief Lesmana Yoga yang kini sudah menjabat sebagai komisioner KPU Kota Jambi menggantikan Aditya Diar.

Khoirina Usman sendiri diketahui merupakan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Baru. Plt Ketua KPU Kota Jambi, Arief Lesmana Yoga membenarkan jika sesuai rangking ada nama Khoirina Usman setelah dirinya. "Kalau sesuai rangking ada perempuan, atas nama Khoirina Usman di peringkat 7," katanya.

Namun terkait dengan kapan pelantikan sendiri, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Jambi ini menyebutkan itu ranahnya KPU RI. "Untuk mengusulkan nama ranahnya KPU Provinsi Jambi. Kita sifatnya hanya menunggu, jika sudah ditetapkan kita akan plenokan," jelasnya.

Arief juga memastikan, saat ini proses tahapan di KPU Kota Jambi berjalan baik pasca ditinggalkan Yatno. "Semua berjalan dengan baik," imbuhnya.
 

Penulis: M Khusnizar

Editor: Khotib Syarbini