Bakal Panggil Dinkes, Minta Penjelasan Soal Poskesdes

Komisi IV DPRD Kota Jambi Turlap ke Poskesdes Lingkar Selatan Selasa (20/6).

Bakal Panggil Dinkes, Minta Penjelasan Soal Poskesdes

103,567
0

JAMBIIN.COM - Komisi IV DPRD Kota Jambi melakukan turun lapangan (Turlap) di Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Pall Merah pada Selasa (20/6) lalu. Komisi IV mendatangi sebuah pelayanan kesehatan, yang ternyata masih berstatus Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Ketua Komisi IV Jefri Zen mengaku heran, ternyata di kota Jambi masih ada Poskesdes. Padahal saat ini, Kota Jambi tidak memiliki desa sejak lama. Setelah dikonfirmasi ke dinas kesehatan (Dinkes) Kota Jambi, ternyata Poskesdes Lingkar Selatan ini bukan satu-satunya.

"Kita bingung juga, kok ada Poskesdes di Kota Jambi. Tadi kata orang Dinkes ada 8 buah. Cuma kita tidak tahu, aktif atau tidak itu Poskesdes," ujarnya.

Lebih lanjut Jefri Zen mengatakan, untuk Poskesdes Lingkar Selatan ini dipimpin oleh seorang bidan ASN.

"Kalau pelayanan tampaknya lumayan, sehari bisa 80 orang yang berobat. Disitu juga cuma ada 1 ASN, selebihnya honor," ungkapnya.

Komisi IV berencana akan memanggil pihak Dinas Kesehatan Kota Jambi, untuk menjelaskan, dimana saja lokasi 8 Poskesdes tersebut. 

"Kita akan panggil dinas kamis besok. Bukan cuma soal nama, tapi soal penganggaran Poskesdes tersebut, karena nomenklaturnya sudah beda. Kita tidak punya desa," pungkasnya. (ali)

Penulis: Ali Ahmadi

Editor: