Menhan Prabowo Subianto Terima Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri

Menhan Prabowo Subianto Terima Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri

24,222
0

JambiIn.com–Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto, menerima penghargaan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri. Acara penyematan penghargaan ini berlangsung di Rupattama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/6) siang.

Prabowo yang mengenakan jas dan kopiah, tiba di Mabes Polri sekitar pukul 14.00 WIB. Kehadirannya disambut oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto, serta pejabat utama Mabes Polri lainnya.

Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Dedi Prasetyo, menyatakan bahwa penghargaan Bintang Bhayangkara Utama ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama dalam mengamankan NKRI.

"Hari ini, Kapolri memberikan penghargaan kepada Menhan Prabowo Subianto berupa Bintang Bhayangkara Utama. Penghargaan ini diberikan atas hubungan timbal balik dan kerja sama dalam upaya peningkatan keamanan NKRI," ujar Irjen Pol Dedi Prasetyo, dikutip dari JawaPos.com, Kamis (20/6).

Irjen Pol Dedi Prasetyo juga menambahkan bahwa Menhan Prabowo memiliki jasa besar dalam kemajuan dan pengembangan institusi Polri. 

Dalam berbagai kesempatan, Prabowo Subianto selalu menekankan pentingnya peran dan fungsi TNI bersama Polri bagi rakyat dan negara.

Dukungan Prabowo terhadap penguatan Polri pernah disampaikannya saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Saat itu, Prabowo menegaskan bahwa TNI dan Polri adalah jaminan terakhir NKRI. Oleh karena itu, rakyat membutuhkan TNI-Polri yang kuat dengan SDM yang tangguh dan unggul.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama merupakan tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa seseorang dalam memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menurut Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012, terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yaitu Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. 

Bintang Bhayangkara Utama adalah kelas tertinggi, disusul oleh Bintang Bhayangkara Pratama dan Bintang Bhayangkara Nararya. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini