Menag: Paus Fransiskus Akan Mengunjungi Indonesia pada 3 September 2024

Menag: Paus Fransiskus Akan Mengunjungi Indonesia pada 3 September 2024

25,567
0

JambiIn.com-Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengumumkan bahwa Paus Fransiskus dijadwalkan akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada tanggal 3 September 2024. 

Menurut Menag, pemerintah telah menerima pemberitahuan resmi dari otoritas Vatikan mengenai rencana kunjungan tersebut.

"Dalam surat yang diterima pemerintah dari Vatikan, dijelaskan bahwa Paus Fransiskus akan hadir di Indonesia pada tanggal 3 September 2024. Ini adalah suatu kehormatan bagi bangsa kita," ungkap Menag Yaqut di Rembang, Sabtu (30/3/2024).

Menag Yaqut menambahkan bahwa kunjungan Paus Fransiskus telah lama dinantikan, terutama oleh Presiden Joko Widodo. 

"Pada Juni 2022, saya telah mengantarkan surat undangan dari Presiden Jokowi kepada Paus Fransiskus," ujarnya.

"Gembira rasanya bahwa setelah hampir dua tahun menunggu, Paus Fransiskus akhirnya akan mengunjungi Indonesia. Ini merupakan hadiah istimewa, terutama bagi umat Katolik di Indonesia," tambahnya.

Lebih lanjut, Menag Yaqut berharap bahwa selama kunjungannya, Paus Fransiskus dapat menyaksikan langsung keragaman dan persaudaraan antar umat beragama yang ada di Indonesia.

"Indonesia telah berhasil menjaga keragaman dan perdamaian antar pemeluk agama, termasuk ratusan umat agama lokal. Kami berharap Paus Fransiskus dapat mengalami dan mengapresiasi keberagaman ini selama kunjungannya di Indonesia," tuturnya. (*/kemenag.go.id)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini