Maulana Bakal Evaluasi Pelayanan Poliklinik RSUD Abdul Manap

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana.

Maulana Bakal Evaluasi Pelayanan Poliklinik RSUD Abdul Manap

93,765
0

JAMBIIN.COM- Wakil Wali Kota Jambi, Maulana meminta RSUD Abdul Manap melakukan evaluasi terhadap layanan, pasca adanya keluhan dimedia sosial beberapa waktu lalu. Dimana dijelaskan ada pembatasan pasien setiap harinya sebanyak 200 pasien, dan hanya ada dua petugas bagian pendaftaran.

Maulana mengatakan, sebetulnya pembatasan itu hanya untuk pelayanan poliklinik. Sebetulnya pembatasan itu jauh lebih mengarah pada menjaga kualitas layanan.

"Jangan sampai overload. Masyarakat harus bisa membedakan pelayanan emergency dan non emergency. Poliklinik itu kan khusus yang tidak emergency, artinya bisa terjadwal pelayanannya," kata Maulana, Selasa (27/6).

Meski demikian, Maulana meminta setiap layanan Poliklinik di RSUD Abdul Manap Kota Jambi harus mampu menghitung beban puncak maksimal. "Itu yang perlu nanti saya cek di Abdul Manap, misalnya berapa jumlah spesialis yang melayani dalam satu hari, ruangan polikliniknya, daya dukung ruang tunggunya. Jadi pembatasan itu jauh lebih kearah bagaimana pelayanan itu berkualitas dan masyarakat yang dilayani itu puas. Kalau memag jumlah real-nya melebihi itu, maka yang harus dilakukan adalah rumah sakitnya meningkatkan kemampuan. Misalnya dokternya ditambah, ruangan ditambah, itu bisa dievaluasi," katanya.

Maulana juga menegaskan, tidak semua poli yang ramai, hanya tertentu saja. Misalnya untuk pelayanan penyakit mata atau kulit, jumlah pasiennya tidak seramai dengan penyakit dalam.

"Penyakit dalam itu pasti banyak pasiennya. Itu tugasnya wakil direktur pelayanan untuk evaluasi. Prinsipnya kami tidak membatasi pelayanan, tapi memperbaiki pelayanan," pungkasnya. 

Penulis: Ali Ahmadi

Editor: