Ketua PWI Kota Jambi Ikuti KTT AIS Forum 2023 sebagai Peserta Media di Bali

Ketua PWI Kota Jambi Ikuti KTT AIS Forum 2023. FOTO: ISTIMEWA

Ketua PWI Kota Jambi Ikuti KTT AIS Forum 2023 sebagai Peserta Media di Bali

36,796
0

JAMBIIN.COM-Pada Rabu (11/10/2023), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 yang diselenggarakan di BNDCC, Badung, Bali. 

Konferensi ini membahas dokumen deklarasi para pemimpin negara pulau dan kepulauan serta menekankan pentingnya solidaritas, kesetaraan, inklusivitas, kerja sama konkret, dan kerangka kerja sama yang tangguh dan dinamis.

Indonesia, sebagai tuan rumah pertama forum ini, memandang laut sebagai sumber kehidupan yang berkelanjutan dan penghubung antar daratan. 

Presiden Jokowi menekankan komitmen negara untuk menjaga solidaritas antar negara dan mendorong langkah-langkah strategis, konkret, dan taktis dalam penyelesaian masalah bersama.

Di sela-sela konferensi, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Jambi, Irwansyah, menghadiri acara tersebut sebagai peserta media.

Ia menyampaikan kegembiraannya karena berkesempatan menghadiri pertemuan internasional berskala besar yang melibatkan berbagai negara kepulauan.

Irwansyah mengungkapkan bahwa ajang ini tidak hanya memberi wawasan dan edukasi baru, tetapi juga memungkinkan pertemuan langsung dengan rekan-rekan wartawan dari berbagai negara dan platform media. 

Ia menilai pengalaman ini sangat berharga karena bisa berinteraksi dengan media cetak, radio, televisi, dan online dalam satu ruangan.

"KTT AIS Forum 2023, yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan diikuti oleh berbagai negara kepulauan, merupakan kesempatan langka bagi saya untuk memperluas jaringan dan memperoleh wawasan yang lebih luas tentang isu-isu global yang dihadapi oleh negara kepulauan," ujar Irwansyah.

Acara tersebut berlangsung di Nusa Dua Convention Centre, Bali. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini