Karhutla di Mudung Darat Terus Meluas, Tim Satgas Kesulitan Air

Karhutla di Mudung Darat Terus Meluas, Tim Satgas Kesulitan Air

27,637
0

JAMBIIN.COM- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi lagi di Muaro Jambi. Kali ini api membakar lahan terjadi di Desa Mudung Darat, Maro Sebo. Sudah dua hati Tim Satgas berjibaku memadamkan api.

Informasinya, luas lahan yang terbakar terus meluas. Sulitnya sumber air menjadi kendala petugas untuk melakukan pemadaman api.

Kapolsek Marosebo Iptu Wiwik Utomo yang dijumpai di lokasi menyebut, api saat ini masih terus berkobar. Tim yang turun ke lokasi masih berjibaku melakukan pemadaman.

"Kebakaran ini sudah terjadi sejak kemarin sore. Api terus berkobar hingga malam. Karena malam tidak bisa dilakukan pemadaman, maka pagi tadi kita lanjutkan melakukan pemadaman," kata Wiwik Utomo, Jumat (29/9/2023).

Menurut Wiwik, karena sumber air sulit, pihaknya terpaksa melakukan pemadaman dengan cara manual. Seperti dipukul menggunakan kayu dan ranting.

"Kita sudah minta bantuan ke tim provinsi untuk menurunkan waterbombing," ungkapnya. 

Dengan kesulitan air untuk memadamkan kebakaran lahan tersebut, pihak BPBD Muaro Jambi koordinasi dengan pihak BPBD Provinsi Jambi untuk melakukan waterboom, untuk mereda api yang melahap lahan di Desa Mudung Darat. 

"Luasan lahan yang terbakar belum diketahui," katanya. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini