Hati-hati, Ini Beda Spare Part Mobil  KW dan Palsu

Hati-hati, Ini Beda Spare Part Mobil KW dan Palsu

100,965
0

JAMBIIN.COM - Jangan disamakan, spare part atau suku cadang mobil KW dan palsu ternyata berbeda. Di pasaran banyak ditemui part mobil KW dan palsu yang dijadikan pilihan selain suku cadang genuine yang harganya memang lebih mahal.

Pemilik bengkel spesialis Prioritas Motor Toyota Mitsubishi, Palmerah, Jakarta Pusat, Chandra,  mengungkapkan perbedaan suku cadang KW dan palsu.  "KW biasa disebut juga imitasi atau tiruan, bahasa halusnya aftermarket," ungkap Chandra.

Istilah ini, lanjutnya, diambil dari kualitas yang ada grade atau tingkat atau levelnya, bisa KW-1 atau KW-2 dan lainnya. "Tidak berkaitan dengan asli atau palsu," tuturnya kepada Otomotifnet.com.

Menurut Chandra, spare part KW yang beredar menggunakan merek dari si pembuat atau produsen seperti Birkens, Protect, atau Triple Five. Spare part tersebut dibuat spesifik peruntukan tipe suatu mobil.

Yang bisa disebut juga dengan versi imitasi dari genuine parts orisinal. Berbeda dengan spare part palsu. Spare part palsu kemasannya dibikin sama persis dengan genuine parts merek pabrikan mobil.

Tapi isi spare part di dalamnya tidak dibuat dari produsen merek mobil tersebut. "Spare part palsu dikenal juga dengan sebutan genuine box alias gebox," sebut Chandra.

Ia menjelaskan asal usul spare part-nya tidak jelas darimana atau siapa pembuatnya. Yang kemudian dibungkus dengan kemasan genuine parts merek pabrikan mobil. Atau bisa juga spare part dari merek KW atau imitasi tertentu dilabeli kemasan genuine parts.

"Kemasan genuine parts tapi isinya tidak sesuai, jelas palsu," tegas Chandra. Ia menilai adanya spare part gebox ini untuk membuang stok mati agar tetap bisa laku dibuatlah kemasan genuine parts dan dijual dengan harga murah.

"Kampas rem Toyota Avanza genuine part Rp 250 ribu, versi gebox bisa cuma Rp 70 ribu," beber Chandra. (tya/https://otomotifnet.gridoto.com/)

Penulis: INDRAWAN

Editor: INDRAWAN