Gubernur Al Haris Dianugerahi Gelar Adat Depati Payung dalam Kenduri Adat Dusun Tigo Serampas di Renah Alai

Gubernur Al Haris Dianugerahi Gelar Adat Depati Payung dalam Kenduri Adat Dusun Tigo Serampas di Renah Alai

24,922
0

JambiIn.com-Gubernur Jambi, Al Haris, dianugerahi penghargaan istimewa dari masyarakat adat Dusun Tigo wilayah Depati Karti Mudo Menggalo Renah Alai, Rantau Kermas, dan Lubuk Mentilin. 

Gelar adat yang diberikan, Depati Payung, merupakan simbol penghormatan kepada Al Haris, yang juga merupakan bagian dari masyarakat Dusun Tigo dan saat ini menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Penghargaan tersebut disematkan dalam acara puncak Kenduri Adat Kenduri Sko Dusun Tigo yang digelar di Rumah Gedang, Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, pada Jumat (3/5/2024) malam.

Gubernur Al Haris menyampaikan apresiasi terhadap kelestarian budaya adat di wilayah Serampas, khususnya Dusun Tigo, yang tetap dijaga dan dirayakan setiap tahun dalam Kenduri Adat Kenduri Sko.

Di samping pemberian gelar kepada Al Haris, acara tersebut juga menjadi momentum pengukuhan gelar adat Depati Karti Mudo Menggalo kepada Mukti Ali.

Pada kesempatan tersebut, Mukti Ali menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Dusun Tigo atas kesempatan ini, sembari berharap agar keberadaan Kenduri Adat dapat terus mempererat kerukunan dan perdamaian di wilayah tersebut.

Kepala Desa Renah Alai, Hasan Basri, juga menyambut hangat kehadiran Gubernur Al Haris dalam acara tersebut, mengungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran beliau serta harapannya agar kerukunan antarwarga semakin diperkuat.

Gubernur Al Haris turut didampingi oleh Istri Hesnidar Haris serta para pejabat eselon II Pemprov Jambi dan Sekretaris Daerah Merangin. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar