BMKG: Besok Diprediksi Kota Jambi Masih Diselimuti Asap

BMKG: Besok Diprediksi Kota Jambi Masih Diselimuti Asap

32,893
0

JAMBIIN.COM-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Jambi memprediksi bahwa Kota Jambi masih akan diselimuti asap besok, Selasa (5/9/2023), akibat kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera Selatan.

Annisa Fauzia, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Sultan Thaha Jambi, menjelaskan bahwa asap diperkirakan akan masuk ke Kota Jambi mulai dari sore hari, malam, dinihari, hingga pagi. Kondisi ini akan ditandai dengan jarak pandang yang rendah, yang disebabkan oleh pengaruh udara dingin terhadap polutan di atmosfer.

Situasi semakin diperparah oleh tidak adanya curah hujan, dengan prediksi bahwa hujan baru berpotensi terjadi pada tanggal 8 September 2023. Lebih lanjut, hujan pada musim kemarau cenderung bersifat lokal dan tidak merata.

Asap dari Sumatera Selatan memasuki wilayah Jambi karena arah angin yang berhembus dari tenggara ke arah barat laut. Kondisi arah angin ini juga berpotensi membuat beberapa daerah di sekitar Kota Jambi, seperti Muaro Jambi, Batanghari, hingga Tebo, terdampak oleh selimut asap tersebut.

Situasi ini menunjukkan pentingnya kewaspadaan dan upaya mitigasi yang perlu dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk menghadapi dampak asap akibat kebakaran hutan ini. Pemerintah daerah diharapkan akan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan penduduk Kota Jambi. (*)

Penulis: Ali Ahmadi

Editor: Khotib Syarbini