Aperti BUMN Buka Pendafataran, Dapat Beasiswa Kuliah Penuh, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Aperti BUMN Buka Pendafataran, Dapat Beasiswa Kuliah Penuh, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

75,865
0

JAMBIIN.COM - Bagi lulusan SMA/SMK dan MA yang tak lolos masuk pergurun tinggi jangan kecewa dulu. Masuk perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa jadi salah satu pilihan. Bisa dapat beasiswa penuh lagi.

 

Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (Aperti BUMN) membuka pendaftaran Beasiswa Aperti BUMN 2023 hingga 2 Juli 2023 mendatang. Siswa SMA, SMK, dan MA lulusan 2022 dan 2023 dapat mendaftar.
Aliansi Aperti BUMN terdiri dari delapan perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kedelapan perguruan tinggi tersebut yakni Telkom University (Tel-U), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Pertamina, Institut Teknologi PLN (IT PLN), IT Telkom Surabaya (ITT Surabaya), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto), Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), dan Politeknik Semen Indonesia.0 Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto), Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), dan Politeknik Semen Indonesia.

Ketua Aperti BUMN sekaligus Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya mengatakan, 60 penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa penuh 100 persen selama masa studi di perguruan tinggi pilihan.

"Tahun ini kami (Aperti BUMN) akan memberikan kepada puluhan mahasiswa dan mahasiswi baru yang terpilih, dan akan memperoleh beasiswa full 100 persen selama masa studi di universitas yang dipilihnya. Dalam proses pendaftaran sudah dimulai sejak 17 Juni 2023, di mana proses seleksi mencakup seleksi administrasi dan wawancara," ucapnya dalam launching program beasiswa Aperti BUMN: Beasiswa untuk Putra-Putri Terbaik Bangsa di Ruang Pembangkit, Institut Teknologi PLN, Duri Kosambi, Jakarta Barat, Sabtu (17/6/2023).

Adiwijaya mengatakan, Aperti BUMN sebagai perpanjangan BUMN akan memberi pendidikan lengkap dengan skillset yang dibutuhkan di BUMN dan di luar BUMN, termasuk bekerja sama dengan manusia dan dengan teknologi.

Nah..bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar, simak syarat beasiswa Aperti BUMN berikut:

Syarat Beasiswa Aperti BUMN 2023

1.Siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2022 dan 2023
2. Melampirkan nilai rapor semester 1 sampai 5
3. Melampirkan sertifikat prestasi akademik atau nonakademik
4. Berkas pendaftaran di unggal secara online pada website perguruan tinggi yang dipilih
5. Peserta hanya boleh memilih satu tujuan perguruan tinggi

 

Jadwal Beasiswa Aperti BUMN
 

* Pendaftaran: 17 Juni-2 Juli 2023
* Seleksi administratif: 3-6 Juli 2023
* Pengumuman seleksi administratif: 7 Juli 2023
* Wawancara: 10-12 Juli 2023
* Pengumuman Akhir: 14 Juli 2023
 

 Head of Division of Economic & Industry Research Kementerian BUMN Sitta Izza Rosdaniah, PhD menambahkan, talenta-talenta muda dari perguruan tinggi Aperti BUMN diharapkan akan memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kompetensi tinggi untuk bantu mewujudkan long term sustaibility BUMN sebagai penggerak sepertiga perekonomian RI.

Sitta menjelaskan, BUMN juga menjadi value creator yang didorong pertumbuhan bisnis. Lulusan perguruan tinggi Aperti BUMN nantinya diharapkan menjadi talenta yang mampu mengembangkan strategi bisnis BUMN sambil berpegang pada hitungan manajemen risiko yang baik.

"Talenta di bawah Aperti BUMN bisa kelak memastikan BUMN menjadi yang terdepan dalam menyejahterakan masyarakat dan menjadi agen development-tidak hanya di BUMN, tetapi juga dalam kolaborasi dengan stakeholders badan usaha swasta, UMKM, dan koperasi," ucapnya.(*)
 

Penulis:

Editor: Paisal Kumar