Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Melakukan Studi Banding ke Jawa Barat

Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Melakukan Studi Banding ke Jawa Barat

38,662
0

JambiIn.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi melalui Komisi IV mengadakan studi banding ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat serta mengunjungi salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terkemuka di Kota Bandung.

Studi banding ini berlangsung dari tanggal 17 hingga 20 Maret dan dipimpin oleh Anggota Komisi IV, Hakiman, serta diikuti oleh anggota komisi lainnya, tenaga ahli, dan pendamping.

Kunjungan ke Dinas Pendidikan Jawa Barat diterima langsung oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Kepala Bidang SMK Provinsi Jawa Barat, dan Kepala SMK Negeri 3 Bandung.

Tujuan dari studi banding ini adalah untuk mempelajari program unggulan Provinsi Jawa Barat dalam mempersiapkan siswa untuk terjun ke dunia industri dan usaha. 
Selain itu, juga untuk memahami pengelolaan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di sekolah menengah kejuruan.

Setelah mengunjungi Dinas Pendidikan Jawa Barat, Komisi IV melanjutkan kunjungannya ke SMK N 3 Bandung, salah satu SMK unggulan di Kota Bandung. 
SMK N 3 Bandung merupakan salah satu pilot project dari Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dalam pengelolaan dana BLUD.

Hakiman, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, menyatakan bahwa dari hasil studi banding tersebut terdapat beberapa hal penting yang bisa diadopsi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

"Pertama, kita dapat mencontoh strategi Dinas Pendidikan Jawa Barat dalam merumuskan aturan teknis dan substansial terkait pengelolaan dana BLUD. Selain itu, kita juga dapat mempelajari kolaborasi antara pemerintah dan lembaga legislatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK sehingga siswa siap untuk berkontribusi di dunia industri dan usaha," ungkap Hakiman. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar