Survei Sigma Indonesia: Elektabilitas Romi Bayangi Petahana Al Haris

Survei Sigma Indonesia: Elektabilitas Romi Bayangi Petahana Al Haris

75,400
0

JAMBIIN.COM, Jambi - Meski terbilang masih lama, hiruk pikuk Pemilihan Kepala Gubernur (Pilgub) Provinsi Jambi kian memanas. Kejar mengejar popularitas dan elektabilitas pun terjadi kepada para kandidat calon Gubernu Jambi. 

Terbaru, Lembaga Survei Sigma Idea Indonesia merilis hasil survey popularitas dan elektabilitas para kandidat Calon Gubernur Jambi untuk Pemilihan Gubernur tahun 2024. Alhasil, incumbent Al Haris masih berada di posisi teratas, baik popularitas dan elektabilitas. Menarik, posisi Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto merangkak naik bahkan mengalahkan Walikota Jambi Sy Fasha. 

Dirilis oleh Sigma Idea Indonesia dalam konferensi persnya, Jumat, 28 Juli 2023,  popularitas Al Haris berada di angka 93.1%, Sy Fasha 68,7%, Romi Haryanto 55,60%. 

Sementara itu, untuk elektabilitas Al Haris 23,6%, disusul oleh Romi Haryanto 15.0% dan Sy Fasha 13,5%. Agung Hidayat, Direktur Operasional Sigma Idea Indonesia mengatakan, survey ini dilakukan pada periode 28 Juni hingga 20 Juli 2023, dengan sebaran responden sebanyak 1200 responden yang terdiri dari 11 Kabupaten se Provinsi Jambi. Survey dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95% dan Margin of Error 2,9%. 

Agung melanjutkan, dalam survey kali ini terlihat beberapa kandidat memiliki perbedaan yang signifikan antara popularitas dan elektabilitas. Ia mengatakan hal itu cukup berpengaruh dalam pemilihan Gubernur Jambi mendatang. (bin)

Penulis:

Editor: