Siap Jadi Tuan Rumah PKM, UIN Jambi Undang 22 Wakil Rektor III FGD

FOTO: uinjambi.ac.id

Siap Jadi Tuan Rumah PKM, UIN Jambi Undang 22 Wakil Rektor III FGD

126,454
0

JAMBIIN.COM–UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Wakil Rektor III Regional Sumatera yang akan digelar 24-30 Juli 2023 mendatang. 

Kegiatan FGD ini berlangsung di Aston Hotel Jambi dihadiri oleh 22 Wakil Rektor III dan Wakil Ketua III PTKIN se-Sumatera dengan agenda pembahasan tentang pemantapan dan memastikan kesiapan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke-3.

Wakil Rektor III UIN Jambi, Dr Bahrul Ulum MA, sekaligus ketua panitia pelaksanaan kegiatan FGD ini melaporkan bahwa pelaksanaan forum ini merupakan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya berlangsung di Bukittinggi dan Batusangkar. Kita harapkan dari pertemuan pada FGD ini kita bisa membahas lebih detail persiapan PKM yang akan kita laksanakan pada akhir Juli nanti.

PKM kali ini mengusung tema Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas, Raih Prestasi dan Rekognisi. 

"Pengembangan pada pelaksanaan PKM yang dilakukan oleh UIN Jambi selaku tuan rumah dari pelaksanaan sebelumnya yakni kita tidak hanya mengikutsertakan PTKIN akan tetapi juga PTI Asia Tenggara," ucap Bahrul Ulum disambut tepuk tangan oleh peserta FGD.

Sementara itu, Prof Saifullah, selaku Ketua Forum Wakil Rektor III Se-Sumatera menyampaikan bahwa kegiatan PKM ini sebagai ajang promosi kampus kita sekaligus juga menjadi ajang mencari talenta baru bagi kampus kita agar tidak kalah bersaing dengan kampus lain di luar sumatra. Dirinya berharap kegiatan ini bisa mengangkat level PTKIN.

"Saya juga berharap peran kita dalam PKM ini agar dapat mengontrol para mahasiswa kita selama keberangkatan, pertandingan hingga kepulangan. Kita harapkan peran ini juga sebagai bentuk pemantauan agar dapat membantu tuan rumah untuk mensukseskan PKM yang tentu setelahnya akan tetap kita evaluasi," katanya.

Rektor UIN Jambi, Prof Dr H Suaidi MA PhD yang hadir secara virtual mengucapkan pada sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan PKM ini memang sesuatu hal yang baru, tapi dalam fungsinya memiliki aspek yang baik dalam rangka berkompetisi sesama PTKIN dan konteks yang lain. Amat sangat penting melihat dari aspek-aspek yang belum dimaksimalkan seperti pelibatan negara berpenduduk Islam di kawasan Benua Asia dan Afrika, setelah tahun ini UIN Jambi melibatkan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.

Selain pelaksanaan FGD, dijadwalkan pula akan berlangsung peninjauan lokasi venue lomba yang ada di Kampus I dan Kampus II UIN Jambi serta Gentala Arasy yang merupakan ikon Jambi sekaligus logo dari pelaksanaan PKM III ini. (uinjambi.ac.id/bin)

Penulis: Maulana Abdul Ghaffar

Editor: Khotib Syarbini