Perwakilan Tiga Mahasiswa UIN Jambi Ikuti Program KKN Nusantara Moderasi Beragama

FOTO: Ist/Jambione.co

Perwakilan Tiga Mahasiswa UIN Jambi Ikuti Program KKN Nusantara Moderasi Beragama

89,830
0

JAMBIIN.COM–Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI kembali melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama 2023 yang merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan perwakilan mahasiswa dari berbagai PTKIN se-Indonesia, Selasa (11/07/2023).

Kegiatan KKN Nusantara ini merupakan pelaksanaan di tahun ketiga yang akan berlangsung di Toraja, Sulawesi Selatan dan akan diikuti oleh 324 mahasiswa yang akan berlangsung selama 45 hari.

Melalui Pusat Pengabdian Masyarakat LPPM UIN SUTHA Jambi telah menindaklanjuti program Dirjen Pendis ini dengan melakukan seleksi terbuka kepada seluruh mahasiswa semester 6 tahun akademik 2022/2023 untuk ikut mengambil peran pada KKN Nusantara ini.

Setelah mengikuti rangkaian seleksi, UIN Jambi mengirimkan delegasinya sebanyak 3 mahasiswa untuk mengikuti KKN Nusantara yang dimulai dari 11 Juli hingga 28 Agustus 2023 mendatang.

Ketiganya yakni; Kusnadi – Bimbingan Penyuluhan Islam/Fakultas Dakwah, Jaya Sujatmiko – Jurnalistik Islam/Fakultas Dakwah dan Silvira Hardiyanti – Bahasa Sastra Arab/ Fakultas Tarbiyah Keguruan.

Sebelum dilepasnya keberangkatan delegasi dari UIN Jambi, Dr H A Munir MA, Kepala Biro AAKK berpesan bahwa lembaga ini (UIN Jambi) berharap ketiga delegasi ini menjadi duta kampus yang membawa informasi positif tentang kampus, selain itu kita mengharapkan kembalinya nanti para delegasi bisa membawa nilai moderasi beragama bagi kampus.

Melalui program moderasi beragama ini tentu kita perlu menjaga nilai moral kebangsaan kita. Jika rasa kebangsaan kita terganggu, maka itu adalah tanda awal bahwa kegiatan kita itu tidak tepat. Kegiatan ini adalah tanggung jawab bagi kalian bertiga untuk menjadi duta moderasi, karena hari ini Ideologi transnasional ini sudah merambah. Gerakan moderasi beragama itu sudah menjadi gerakan nasional yang sudah ada aturannya, ucap Kepala Biro AAKK.

Diakhir kesempatan beliau juga berpesan agar ketiga mahasiswa ini menjaga nama baik almamater dan ikut menyebarkan hal positif yang dapat membuat orang lain berkesan sebelum akhirnya ketiga delegasi KKN Nusantara ini dilepas keberangkatannya oleh Kepala Biro AAKK didampingi langsung oleh Dr. Irmawati Sagala, MSHS beserta jajaran dari LP2M UIN Jambi. (bin/uinjambi.ac.id)

Penulis: Maulana Abdul Ghaffar

Editor: Khotib Syarbini