Menteri Suharso sebut Upacara 17 Agustus Dipastikan akan Dilaksanakan di IKN

Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa. (JawaPos.com)

Menteri Suharso sebut Upacara 17 Agustus Dipastikan akan Dilaksanakan di IKN

22,280
0

JambiIn.com-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa, memastikan bahwa upacara 17 Agustus dalam rangka HUT RI ke-79 akan digelar di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"(HUT RI) 17 Agustus di sana (IKN)," ujar Suharso kepada wartawan di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6).

Suharso juga mengklarifikasi bahwa upacara HUT RI ke-79 tidak akan digelar di Jakarta, meskipun ada pertimbangan terkait penyampaian Nota Keuangan APBN 2025 yang dijadwalkan pada 16 Agustus 2024, sehari sebelum Hari Kemerdekaan.

"Ya bukan begitu. Di sini kan (Jakarta), ada penyampaian Nota Keuangan APBN. Nota keuangan itu yang sedang kita pikirkan. Misalnya kalau tanggal 16 di Jakarta, lalu tanggal 17 ke sana, bagaimana coba," jelasnya.

Pemerintah sedang mendiskusikan langkah teknis yang akan diambil, termasuk mempertimbangkan untuk memajukan penyampaian Nota Keuangan APBN menjadi 15 Agustus 2024.

"Tapi kalau misalnya kita buat tanggal 15 di sini, dan tanggal 17 di sana. Nah itu yang sedang kita pikirkan. Jangan buru-buru disimpulkan," tambah Suharso.

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, yang juga Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), menyatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan dua skenario terkait HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Dua skenario tersebut adalah upacara peringatan HUT ke-79 RI dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan di DKI Jakarta.

"Tentunya ada beberapa hal terkait dengan HUT RI, sesuai nanti arahannya seperti apa. Kami panitia HUT RI menyiapkan dua skenario, Jakarta dan IKN. Bisa dipakai dua-duanya," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/6). (*/JawaPos.com)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini