Mahasiswa IP UIN Jambi ajak Masyarakat Sadar Kebersihan

FOTO: uinjambi.ac.id

Mahasiswa IP UIN Jambi ajak Masyarakat Sadar Kebersihan

96,139
0

JAMBIIN.COM-Kebersihan lingkungan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini terjadi di sekitar wilayah Desa Sungai Duren, Muaro Jambi.

Banyaknya lingkungan perumahan baru dan minimnya pengelolaan sampah rumah tangga menuju ke tempat pembuangan akhir, menyebabkan timbulnya kebiasaan masyarakat membuang sampah ke tempat-tempat yang bukan seharusnya dan sebenarnya salah. Akan tetapi, karena kesalahan tersebut dibiarkan berlaku secara berulang maka hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang dibenarkan masyarakat.

Bukan hanya di masyarakat, sampah yang berserakan juga banyak ditemui di area sekitar kampus. Bukan tanpa sebab, banyak faktor yang menjadi awal dari permasalahan ini, seperti minimnya kesadaran mahasiswa akan kebersihan, tenaga kebersihan yang tak sebanding dengan kapasitas sampah yang dihasilkan serta kurangnya pemetaan titik-titik tempat pembuangan sampah.

Menyadari permasalahan kebersihan lingkungan ini menjadi satu hal yang cukup mengganggu kenyamanan khalayak umum, khususnya di beberapa area sekitar kampus. Hal ini menjadi perhatian mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan semester 2, Selasa (27/6) melaksanakan kegiatan IP Peduli Kebersihan Lingkungan dengan mengkampanyekan membuang sampah pada tempatnya, di kampus dan membersihkan basement lapangan parkir gedung kuliah terpadu serta memasang spanduk himbauan pada tumpukan sampah di area penurunan Jalan Lintas Timur Sumatra KM.16 di dekat kampus 2 UIN Jambi, Sungai Duren.

Dr Irmawati Sagala MSHS, dosen Prodi Ilmu Pemerintahan yang mengkoordinir kegiatan peduli lingkungan bersama mahasiswa ini berharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya mahasiswa tentang pentingnya menjaga lingkungan.

"Rencananya akan ada tindak lanjut oleh Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat dan beberapa Pusat Kajian di UIN SUTHA Jambi yang akan melakukan audiensi bersama DLH Muaro Jambi untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang cukup mengganggu pemandangan gedung megah UIN Jambi ini," ucap Dosen Ilmu Pemerintahan lulusan Prancis ini. (bin)

 

Penulis: uinjambi.ac.id

Editor: Khotib Syarbini