Literasi Keuangan dan Digital Kunci Keamanan Bertransaksi Digital

Literasi Keuangan dan Digital Kunci Keamanan Bertransaksi Digital

36,041
0

JambiIn.com- Dalam era digitalisasi yang semakin merajalela, kunci keamanan dalam bertransaksi digital tidak hanya terletak pada infrastruktur teknologi, tetapi juga pada tingkat literasi keuangan dan digital masyarakat. 

Itulah yang menjadi fokus dari acara Talkshow Literasi Keuangan Digital berjudul "Cerdas dan Aman Bertransaksi Digital" yang diselenggarakan oleh Astra Financial bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Acara tersebut, yang diadakan secara virtual Selasa (02/04/2024), menjadi panggung bagi lebih dari 1.500 peserta dari berbagai kalangan, termasuk eksekutif, kepala wilayah, dan masyarakat umum. 

Kolaborasi antara OJK dan Astra Financial merupakan langkah strategis dalam mendukung implementasi Peraturan OJK terkait Literasi dan Inklusi Keuangan.

Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, dalam keynote speech-nya menyoroti pentingnya penguatan sistem keamanan data oleh penyelenggara jasa keuangan untuk melindungi konsumen dari ancaman kejahatan siber. 

Di samping itu, literasi keuangan dan digital juga dianggap krusial dalam mencegah praktik penipuan dan kejahatan digital lainnya.

Sementara itu, Suparno Djasmin, Director-in-Charge Astra Financial, mengungkapkan apresiasi terhadap kerjasama antara Astra Financial dan OJK dalam menyelenggarakan acara tersebut. 

Ia meyakini bahwa upaya literasi keuangan dan digital akan memberikan manfaat besar bagi semua pemangku kepentingan, termasuk konsumen, karyawan, dan masyarakat umum.

Selain melalui talkshow, Astra Financial juga aktif dalam menyelenggarakan berbagai program literasi keuangan, termasuk pameran virtual produk keuangan dan talkshow di berbagai kota di Indonesia. 

Langkah-langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya literasi keuangan dan digital dalam transaksi digital yang aman dan cerdas.

Dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, Astra Financial juga menggelar program-program seperti pelatihan guru, edukasi keuangan untuk penyandang disabilitas, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. 

Semua ini dilakukan dalam upaya mendukung visi Astra Financial untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia, sejalan dengan Roadmap Keuangan Berkelanjutan OJK dan Aspirasi Keberlanjutan Astra 2030. (*)
 

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini