Kebakaran di Tanjab Barat, Lansia Tewas Terpanggang

Kebakaran di Tanjab Barat, Lansia Tewas Terpanggang

46,023
0

JAMBIIN.COM, KUALATUNGKAL- Kebakaran hebat kembali terjadi di Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Minggu dini hari (13/8/2023) kemarin. Kali ini sebuah rumah di Dusun Jati Mulyo, Desa Jati Emas, Kecamatan Bram Itam, ludes terbakar. Satu orang dilaporkan tewas dalam musibah tersebut.

Korban meninggal diketahui bernama Minarti (79). Perempuan lanjut usia (Lansia) itu ditemukan dalam kondisi hangus terpanggang di dalam rumah. " Korban tinggal sendirian di rumah. Kejadia kebakarannya subuh tadi. Lokasi kebakaran sudah dipasang garis polisi," kata warga setempat.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Informasi yang diperoleh, saat kejadian korban tinggal sendirin di rumah. Bangunan rumah yang terbuat dari kayu dan cuaca yang berangin pada dini hari itu mmembuat api cepat membesar dan menghanguskan rumah beserta isinya.

Jauhnya lokasi dan dan sulitnya akses menyebabkan petugas pemadam kebakaran tidak bisa mencapai lokasi. Warga yang bertusaha membantu dengan alat seadanya juga tidak bisa bertbuat banyak. Karena kejadian itu diketahui warga saat api sudah membsar dan membumbung tinggi. Korban yang berada di dalam rumah tidak bisa diselamatkan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Tanjab Barat Iswardi mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 04.00 wib. "Kejadian subuh tadi kebakarannya korban atas nama Minarti kondisi meninggal dunia," katanya

Menurut  Iswardi tim damkar tidak bisa ke lokasi kejadian karena lokasi yang jauh dan akses menuju lokasi sulit dijangkau petugas. "Tidak dapat bantu menuju lokasi sangat jauh dan jauh juga dari jalan kendaraan pemadam tidak bisa masuk,” tukasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Tanjung Jabung Barat memang menjadi salah satu daerah yang sangat rawan terjadi kebakaran. Sejak Januari hingga Agustus 2023 ini, sitidaknya sudah terjadi empat kali kebakaran di daerah ini.

Menurut catatan Jambi One, pada 26 Februari 2023 lalu terjadi kebakaran besar di Kuala Tungkal. Sejumlah bangunan termasuk ruko di Kelurahan Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir, ludes terbakar. Api diduga muncul karena korsleting listrik.

Kemudian, pada 13 Mei 2022, kebakaran terjadi lagi. Sebuah rumah di RT 14 Kelurahan Senyerang, Kecamatan Senyerang habis dilalap si jago merah. Saat kebakaran terjadi, pemilik rumah Sahroni (30) sedang tidak berada di rumah.

Sebulan kemudian, 20 Juni 2022, kebakaran kembali melanda Tanjab Barat. Ketika itu, sejumlah rumah di Parit 4 Kelurahan Kampung Nelayan, Kecamatan Tungkal Ilir ludes dilalap sijago merah. Kebakaran yang terjadi pada malam hari menjadi tantangan tersendiri bagi petugas pemadam karena sulit untuk menjangkau lokasi karena jalan sempit.(son)

Penulis: Edison Soni

Editor: