Kapolda Jambi Masih di Hutan, Tim Evakuasi Terapkan Skema Baru

Kapolda Jambi Masih di Hutan, Tim Evakuasi Terapkan Skema Baru

121,055
0

JAMBIIN.COM, Jambi - Evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan dari hutan Tamiai, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, dilanjutkan hari ini, Selasa (21/02/2023).

Skema evakuasi Kapolda dari hutan Tamiai, Kerinci sudah dibahas tadi malam di rumah dinas Bupati Merangin yang dihadiri Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Indra Reza, Wakapolda Jambi dan diikuti secara virtual oleh Kapolda Sumsel dan Kapolda Sumbar.

 

Untuk evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan dikerahkan enam helikopter yakni milik Basarnas, TNI AU, Baharkam Polri, Polda Sumsel dan Sinar Mas.

Evakuasi itu akan menggunakan helikopter dari ketinggian 4.000 Feet. Menurut Wakapolda Jambi Brigjen Yudawan R evakuasi dilaksanakan dengan sistem pesawat masuk langsung jemput satu orang korban langsung berangkat, demikian terus dilakukan secara bergantian, prioritas korban luka terparah didahulukan.

“Evakuasi ditentukan dari ketinggian helikopter masuk menjemput korban 5.000 Feet dan helikopter yang keluar membawa korban 4.000 Feet. Helikopter yang membawa korban itu, direncanakan landing di Bangko,” ujar Wakapolda Jambi.

Kemampuan masing-masing helikopter bisa berapa menit melaksanakan evakuasi lanjut Wakapolda Jambi harus ditegaskan, sehingga sebelum pelaksanaan evakuasi para korban sudah bisa bersiap-siap.

Helikopter yang bergerak ke atas membawa korban, adalah helikopter yang benar-benar memiliki kapabilitas mampu melaksanakan evakuasi.

Pohon-pohon di sekitar Tempat Kejadian Perkara (agar dibersihkan dengan harapan Helikopter  bisa rappling untuk proses evakuasi. “Semua harus kerja cepat, karena waktu evakuasi diprediksikan dua jam, mengingat resiko cuaca akan berkabut,”

Para pilot diminta agar terus berkomunikasi dan berkoordinasi, agar setiap perkembangan situasi dan cuaca bisa dimonitor. “Jika sudah ada korban langsung angkut dan berangkat,” (***)

Penulis:

Editor: