Kamis, Debit Sungai Batang Hari Surut

Kondisi debit air Sungai Batang Hari per hari ini Kamis (7/9)

Kamis, Debit Sungai Batang Hari Surut

32,229
0

JAMBIIN.COM-Provinsi Jambi menghadapi masalah serius akibat kemarau panjang yang berdampak pada terjadinya kekeringan di sejumlah wilayah, termasuk Kota Jambi. 

Minimnya intensitas hujan telah menyebabkan debit Sungai Batang Hari terus menyusut, bahkan melampaui angka normal.

Penjaga Pintu Air di kawasan Ancol Kota Jambi, Syahruddin, mengkonfirmasi situasi ini. Menurutnya, berdasarkan alat ukur pintu air, pada Kamis (7/9), debit Sungai Batang Hari mencapai hanya 8.47 meter, lebih rendah dari hari sebelumnya yang berada di angka 8.57 meter.

"Normalnya, debit Sungai Batang Hari minimal harus mencapai 9 meter. Namun, saat ini kondisinya jauh di bawah angka normal," kata Syahruddin.

Kondisi surut ini menghambat akses kapal tongkang di Sungai Batang Hari. Kapal tongkang besar saat ini tidak dapat lagi melintas dan hanya kapal tongkang kecil yang dapat melewatinya.

Syahruddin juga mencatat bahwa kondisi air laut saat ini surut, sehingga air di Sungai Batang Hari terus menyusut.

"Kondisi hujan telah kurang dalam beberapa pekan terakhir. Jika tidak ada hujan dalam waktu dekat, situasi ini dapat berlanjut dan debit sungai akan semakin rendah," tambahnya.

Kondisi ini menimbulkan keprihatinan serius di wilayah tersebut, dan langkah-langkah perlu diambil untuk mengatasi masalah kekeringan yang dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat. (*)

Penulis: Ali Ahmadi

Editor: Khotib Syarbini