Jambi Sudah Miliki Panti Disabilitas Multi Layanan dan Gerai Disabilitas

Jambi Sudah Miliki Panti Disabilitas Multi Layanan dan Gerai Disabilitas

47,743
0

JAMBIIN.COM, Jambi – Provinsi Jambi sudah memiliki asrama panti multi layanan yang bisa menampung semua disabilitas. Asrama panti disabilitas multi layanan di jalan Patimura depan LP Jambi ini diresmikan Gubernur Jambi, Al Haris, Kamis (05/01/2023).

Selain asrama panti disabilitas multi layanan, Gubernur Jambi beserta Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris juga meresmikan gerai usaha milik disabilitas di lokasi tersebut.

Peresmian asrama panti disabilitas multi layanan dan gerai disabilitas ini juga dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, dan Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan semakin hari banyak ditemukan disabilitas yang butuh kehadiran dan perhatian pemerintah. Oleh sebab itu perlu ada ruang dan wadah untuk menyiapkan disabilitas yang punya kemampuan untuk bersaing di dunia kerja.

“Jadi disini (Asrama panti multi layanan) penyandang disabilitas dididik dan dilatih sehingga mereka punya kemampuan, punya keahlian dan mereka bisa juga bekerja seperti kita-kita ini,” kata Al Haris.

Gubernur berharap dinas sosial untuk bekerja dan membantu disabilitas dengan baik. “Mereka kita bantu dengan baik, dengan anggarannya, dan kita yakin kedepan masih banyak kita temukan disabilitas, dan ini kita lihat dari semua Kabupaten dan Kota,” ujarnya.

“Harapan kita gedung sudah ada, tinggal merawatnya, mencari orang yang tulus untuk membina mereka, mereka bisa harus bisa bahagia meskipun ada kekurangannya. Bisa sama dengan kita,” tambahnya lagi.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil, Arif Munandar mengatakan panti multi layanan bertujuan untuk membina dan mengembangkan kreativitas wirausaha disabilitas sesuai dengan keterampilan dan bakat yang di miliki.

“Di sini menampung semua disabilitas, mereka kita didik sesuai dengan bakat hingga mahir, sehingga nantinya bisa bersaing di dunia kerja. Salah satunya contohnya dengan gerai yang baru di buka, itu dibuka oleh disabilitas,” kata Arif Munandar.

Gerai disabilitas yang baru diresmikan Gubernur Jambi tersebut merupakan pemberdayaan secara ekonomi yang dibuka oleh penyandang disabilitas.(***)

Penulis:

Editor: