Gubernur Al Haris Tegaskan Pentingnya Integritas dan Komitmen Panitia PPDB 2024/2025

Gubernur Al Haris Tegaskan Pentingnya Integritas dan Komitmen Panitia PPDB 2024/2025

29,473
0

JambiIn.com–Gubernur Jambi, Al Haris, menekankan pentingnya integritas dan komitmen bagi panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dalam Apel PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 yang digelar di SMA Negeri 13 Kota Jambi, Senin (10/6/2024).

"Apel pagi ini bertujuan untuk menyatukan visi kita yaitu berkomitmen terhadap PPDB Tahun 2024-2025 ini. Kita memiliki niat supaya seluruh peserta didik yang baru memiliki kemampuan dan integritas. Hal ini harus dimulai dari awal dengan penerimaan yang berkualitas, dan PPDB ini tidak boleh menerima titipan siapapun," ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur menegaskan bahwa keberhasilan PPDB sangat bergantung pada konsistensi dan komitmen kepala sekolah dalam menjalankan aturan yang ada, sehingga akan melahirkan peserta didik yang berkualitas dan berintegritas. 

"Kita juga berusaha memenuhi aturan-aturan yang terus kita perbaiki, baik itu sistem maupun model yang akan kita terapkan untuk perbaikan PPDB ini," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Al Haris juga menegaskan kepada Kepala Sekolah SMA/SMK se-Provinsi Jambi untuk melaporkan kepadanya apabila ada titipan dari siapapun.

"Kepala Sekolah tidak perlu takut jika ada titipan, segera laporkan ke saya dan akan saya tindaklanjuti. Kepala sekolah jangan takut selama mengikuti aturan yang benar sesuai dengan juknis yang telah disepakati," kata Gubernur Al Haris.

Gubernur juga mengakui adanya pihak-pihak yang bermain dalam PPDB setiap tahunnya dengan menitipkan nama demi keuntungan finansial. "Persoalan ini setiap tahun kita minimalisir. Kepala sekolah jangan beri ruang, karena sedikit saja ruang mereka punya harapan. Bapak/ibu harus berkomitmen penuh dalam mengawal PPDB ini," tegasnya.

Dalam amanatnya sebagai Pembina Apel Pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2024/2025, Gubernur Al Haris berpesan agar terus menanamkan pentingnya menjalankan tugas dengan penuh integritas dan kejujuran. 

Ia juga menekankan pentingnya pengawasan yang ketat dan kontrol yang efektif dalam setiap tahapan proses penerimaan untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan integritas pendidikan di Provinsi Jambi.

"Mari kita bersama-sama menjadikan pelaksanaan penerimaan ini sebagai contoh terbaik dari nilai-nilai integritas dan keadilan yang wajib kita pegang teguh," pungkasnya. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar