Gubernur Al Haris: Peran Lembaga Adat Sangat Diharapkan oleh Masyarakat Jambi

Gubernur Al Haris: Peran Lembaga Adat Sangat Diharapkan oleh Masyarakat Jambi

25,595
0

JambiIn.com -Gubernur Jambi, Al Haris, menegaskan bahwa peran lembaga adat memiliki strategis yang sangat penting dan sangat diharapkan oleh masyarakat. 

Hal ini terkait dengan upaya mempertahankan nilai-nilai luhur masyarakat, di mana lembaga adat berdiri di atas aturan dan norma-norma yang berlaku dan berkembang dalam masyarakat. 

Pada saat Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Jumat (8/3) antara Pengadilan Tinggi Agama Jambi dan Lembaga Adat Melayu Jambi, Gubernur Al Haris juga memberikan Anggota Kehormatan Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi kepada Amran Suadi (Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI) dan Abd. Hakim (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi).

"Peran lembaga adat dalam masyarakat yang berbudaya adalah mensosialisasikan norma dan adat yang berlaku dalam masyarakat. Keberadaan dan pemberdayaan lembaga adat di setiap masyarakat sangat penting agar khasanah budaya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya tetap terjaga," ungkap Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga mengucapkan terima kasih kepada Pengadilan Tinggi Agama Jambi dan Lembaga Adat Melayu Jambi atas penandatanganan kesepakatan bersama (MoU). 

Menurutnya, ini mencerminkan sinergi antara pemerintah dan lembaga non-pemerintah dalam menanggapi kondisi sosial di Provinsi Jambi.

"Kesepakatan ini merupakan upaya bersama dalam memberikan perhatian serta mengakselerasi capaian yang menjadi target Pengadilan Tinggi Agama Jambi, baik dari sisi sosial kemasyarakatan maupun hukum-hukum adat yang bersinggungan langsung dengan Pengadilan Tinggi Agama," tambah Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menekankan bahwa keberhasilan kesepakatan atau MoU ini akan memberikan manfaat signifikan, mempromosikan kemajuan daerah, terutama dalam melestarikan nilai-nilai adat melalui partisipasi seluruh lapisan masyarakat. 

Selain itu, dia menyampaikan selamat kepada Amran Suadi dan Abd. Hakim yang diberikan gelar Anggota Kehormatan Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi.

"Pemberian anugerah ini diharapkan dapat menambah kedekatan kepada masyarakat, adat, istiadat, serta budaya yang ada di Provinsi Jambi. Selamat atas amanah ini, semoga pemikiran dan ide terbaiknya dapat memberikan sumbangan besar untuk memajukan LAM dan melestarikan kearifan lokal," pungkas Gubernur Al Haris. (*)
 

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar