Geopark Merangin-Jambi Raih Penghargaan Bergengsi di Konferensi Internasional Maroko 2023

Geopark Merangin-Jambi Raih Penghargaan Bergengsi di Konferensi Internasional Maroko 2023

34,194
0

JAMBIIN.COM, BANGKO-UNESCO Global Geopark (MJUGGp) telah meraih peringkat pertama dunia dalam kategori Best Practice Award 2023, pada acara Anugerah UNESCO Global Geopark yang berlangsung di Marakesh, Maroko, pada Minggu (10/9).

Prestasi ini disampaikan oleh Bupati Merangin H. Mashuri melalui General Manager Badan Pengelola (BP) Geopark Merangin-Jambi, Dr. Agus Zainuddin, setelah menerima penghargaan tersebut di Maroko melalui komunikasi telepon dengan Kominfo News.

"Republik Indonesia, khususnya Kabupaten Merangin di Provinsi Jambi, benar-benar menjadi pusat perhatian dunia dalam acara tersebut. Nama Merangin telah menjadi sorotan utama dalam Konferensi Internasional GGN," ujar Agus dengan bangga.

Agus menjelaskan bahwa prestasi meraih Best Practice Award 2023 ini adalah hasil dari dedikasi luar biasa seluruh Tim Tangguh Geopark Merangin-Jambi. 

"Selamat kepada Tim Tangguh Geopark Merangin-Jambi, di mana pun Anda berada," tambah Agus.

Kepala Bappeda Merangin, yang juga merupakan bagian dari Tim Tangguh Geopark, melanjutkan dengan mengatakan bahwa mereka telah mengukir sejarah dunia melalui Geopark Merangin-Jambi, melewati berbagai tantangan yang panjang.

"Kami bangga mengibarkan Bendera Merah Putih atas nama tim yang luar biasa ini untuk MJUGGp sebagai anggota Global Geopark Network," ujar Agus dengan semangat.

Agus juga mengakui bahwa prestasi ini tidak terlepas dari peran penting yang dimainkan oleh Masyarakat Hukum Adat Serampas, terutama Desa Rantau Kermas di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin. 

"Terima kasih kepada Masyarakat Hukum Adat Serampas atas dukungan mereka," ucapnya.

Agus menekankan bahwa pencapaian ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Geopark Merangin-Jambi telah mengalami perjalanan yang sulit dan bahkan sempat ditangguhkan pada tahun 2014, tetapi sekarang mereka menjadi anggota UGGp.

Selain itu, Agus juga mengucapkan terima kasih kepada KKI-Warsi yang telah mendampingi praktek baik di Desa Rantau Kermas, yang merupakan contoh praktik terbaik dalam pembangunan berkelanjutan yang dijalankan oleh komunitas tersebut.

"Kami merayakan prestasi ini sebagai milik seluruh Rakyat Republik Indonesia, khususnya masyarakat Provinsi Jambi, dan semua lapisan masyarakat Kabupaten Merangin. Mari kita sambut tamu kita dengan keramahan dan kearifan lokal kita," pinta Agus.

Sebagai penutup, Agus mengangkat tangan kanannya sambil mengucapkan, "Salam Geopark, memuliakan bumi untuk mensejahterakan masyarakat." (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini