Dipimpin Menhan Prabowo, Gubernur Al Haris Hadiri Peluncuran Geoportal dan White Paper OMP Beyond 2024

Dipimpin Menhan Prabowo, Gubernur Al Haris Hadiri Peluncuran Geoportal dan White Paper OMP Beyond 2024

18,967
0

JambiIn.com-Gubernur Jambi, Al Haris, menghadiri peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta (KSP) 2.0 dan White Paper One Map Policy (OMP) Beyond 2024, serta penyampaian hasil capaian Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di The St. Regis Jakarta, Kamis (18/7/2024) sore kemarin.

Acara tersebut dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia terpilih atau Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dan dihadiri oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur se-Indonesia, serta perwakilan Kementerian/Lembaga.

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto menekankan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pembangunan infrastruktur, baik fisik maupun konektivitas. Ia berharap One Map Policy (OMP) dapat meningkatkan efisiensi dan menghindari tumpang tindih pengelolaan tata ruang, sehingga proses pembangunan dapat berjalan lebih cepat.

“Indonesia saat ini juga membutuhkan investasi. Untuk itu, kita memerlukan pemerintahan yang baik,” ujar Prabowo. Ia juga optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat dari 5 persen menjadi 8 persen di masa depan, dengan syarat pengelolaan yang efisien dan kebijakan yang masuk akal.

Prabowo mengucapkan selamat kepada Menko Perekonomian dan seluruh menteri yang telah bekerja keras sehingga peluncuran Geoportal KSP 2.0 dan white paper OMP Beyond 2024 dapat terlaksana.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap resilien di tengah ketidakpastian ekonomi dunia. “Pertumbuhan ekonomi kita saat ini berada di angka 5,11 persen, dan inflasi rendah di angka 2,51 persen. Indonesia juga masih mendapatkan rating investasi yang baik,” ungkap Airlangga.

Airlangga menambahkan bahwa target investasi tumbuh 68 hingga 68,6 persen, dengan target investasi sebesar 1.900 triliun rupiah pada tahun 2025. Kebijakan Satu Peta menjadi penting sebagai bagian dari perizinan dalam sistem 'Online Single Submission' (OSS) dan tata ruang, serta untuk penyelesaian PSN dan KEK.

Kegiatan tersebut juga memberikan penghargaan bagi dua KEK terbaik dan apresiasi PSN kepada 25 Kementerian/Lembaga serta 38 Pemerintah Provinsi:

Penghargaan KEK:

Direktur Utama PT. Berkah Kawasan Manyar Sejahtera selaku Badan Usaha KEK Gresik, kategori KEK Industri Terbaik.
Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia selaku Badan Usaha KEK Mandalika, kategori KEK Jasa Terbaik.
Apresiasi PSN:

Menteri Perhubungan mewakili 25 Kementerian/Lembaga.
Pj. Gubernur Sumatera Selatan mewakili 38 Pemerintah Provinsi.
Direktur Utama PT PLN (Persero) mewakili BUMN.

Turut hadir dalam acara ini Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh. Aris Marfai, serta tamu undangan lainnya. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar