Bantu Korban Banjir di Mandiangin, Gubernur Jambi Ingatkan Warga Tetap Waspada

Gubernur Jambi memberi bantuan kepada korban banjir warga Mandiangin.

Bantu Korban Banjir di Mandiangin, Gubernur Jambi Ingatkan Warga Tetap Waspada

37,384
0

JambiIn.com- Gubernur Jambi, Al Haris, didampingi Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, melakukan penyerahan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Mandiangin,  Sabtu (20/01/2024). 

Kedua pemimpin daerah ini meninjau langsung pemukiman warga yang terendam banjir di Desa Mandiangin Tuo menggunakan perahu.

Warga Desa Mandiangin Tuo saat ini terpaksa menggunakan perahu untuk beraktivitas, terutama untuk keluar desa karena jembatan gantung yang biasanya mereka lewati tidak dapat dilintasi karena kondisinya yang kurang mendukung.

Setelah menyerahkan bantuan pangan dan meninjau kondisi banjir, Gubernur Al Haris mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap kenaikan debit air sungai, mengingat curah hujan yang masih tinggi di daerah Jambi.

“Begitu juga dengan tim Satgas, Tagana, dan semua pihak terkait, untuk terus siaga dan selalu siap jika terjadi kenaikan air. Langsung evakuasi warga ke posko terdekat,” ujar Al Haris.

Gubernur juga meminta tim untuk memastikan kondisi kesehatan dan kebutuhan pangan warga yang terdampak banjir. 

"Pastikan kondisi kesehatan warga dan berikan bantuan medis yang diperlukan. Selanjutnya, pastikan mereka mendapatkan layanan pangan dengan memberikan bantuan pangan," tambahnya.

Terakhir, Al Haris menyebut bahwa setelah banjir mereda, langkah selanjutnya adalah melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi. 

Data kerusakan rumah, jembatan, dan infrastruktur lainnya akan dihimpun, dan pemerintah akan mengajukan bantuan ke pusat, termasuk menggunakan dana BTT (Belanja Tidak Terduga) yang telah disiapkan. (*)
 

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar