Dr Benny Ahli Bedah Siloam Hospital Jambi Kenalkan Pentingnya Kesadaran dan Pencegahan Wasir

Dr Benny Ahli Bedah Siloam Hospital Jambi Kenalkan Pentingnya Kesadaran dan Pencegahan Wasir

39,973
0

JambiIn.com- Hemoroid, atau yang lebih dikenal sebagai wasir, sering kali dianggap sebagai masalah yang memalukan dan diabaikan.  

Namun, pada acara Halal Bihalal di Rumah Putih Jambi Selasa (30/4/24), Manajemen Siloam Hospital Jambi memberikan pengenalan soal bahaya penyakit hemoroid atau yang dikenal wasir. 

Hemoroid lebih dikenal dengan bahasa awam adalah penyakit ambayen.

Dr. Benny Hartono, seorang ahli bedah di Siloam Hospital Jambi, membagikan pengalaman dan wawasan tentang pendekatan terkini dalam pencegahan hemoroid, sebuah kondisi yang sering terjadi namun sering diabaikan.

"Konsumsi serat yang mencukupi dan cairan yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit, yang merupakan faktor risiko utama untuk hemoroid. Selain itu, penting untuk menghindari duduk terlalu lama dan meningkatkan aktivitas fisik sebagai bagian dari gaya hidup sehat," jelas Dr. Benny Hartono.

Dr. Benny Hartono menyoroti pentingnya perubahan gaya hidup, termasuk pola makan sehat dan aktivitas fisik, sebagai langkah utama dalam mencegah hemoroid. 

Ia juga memberikan langkah-langkah praktis yang dapat dilakukan sehari-hari untuk menjaga kesehatan anus dan mencegah munculnya wasir.

Dalam sesi tanya jawab, Dr. Benny Hartono memberikan tips praktis kepada peserta tentang pencegahan hemoroid, termasuk rutinitas buang air besar yang sehat dan mengunjungi dokter secara teratur.

Dengan adanya kesadaran yang meningkat tentang pentingnya pencegahan, diharapkan jumlah kasus hemoroid dapat dikurangi secara signifikan, sehingga masyarakat dapat menikmati gaya hidup yang lebih sehat dan nyaman. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini