Woow!!! Laba Bersih Astra Financial Naik 8% di Semester I 2024

Woow!!! Laba Bersih Astra Financial Naik 8% di Semester I 2024

20,275
0

JambiIn.com-Astra Financial mencatatkan laba bersih sebesar Rp 4,1 triliun pada semester pertama 2024, tumbuh 8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan laba sebesar Rp 3,8 triliun. Peningkatan ini didorong oleh kinerja yang kuat di sektor pembiayaan.

Astra Financial, divisi jasa keuangan dari PT Astra International Tbk. (Astra), bergerak di bidang jasa keuangan dan menaungi 14 unit bisnis di 8 sektor, termasuk pembiayaan, asuransi, perbankan, dana pensiun, teknologi finansial, uang elektronik, digital ventura, dan modal ventura.

Baca Juga: Mewujudkan Cita-cita Demokrasi Bung Karno di Era Modern

Pada semester 1 2024, Astra Financial mengelola aset sebesar Rp 196,2 triliun, didukung oleh lebih dari 22 ribu karyawan dengan 912 cabang, serta melayani 32,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

"Sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi penyedia jasa keuangan ritel terdepan, Astra Financial terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Kami konsisten menjaga kualitas layanan, termasuk di tengah kondisi ekonomi dan persaingan yang semakin ketat," kata Direktur Astra sekaligus Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin.

Suparno Djasmin juga menambahkan bahwa kondisi ekonomi selama enam bulan pertama tahun ini sangat dinamis, sementara persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, Astra Financial berkomitmen memberikan nilai tambah kepada pelanggan dengan menyediakan layanan one-stop-solution.

Sektor pembiayaan konsumen Astra Financial (FIFGROUP, ACC, dan TAF) mencatatkan pembiayaan baru senilai Rp 62,8 triliun di semester 1 tahun 2024, meningkat 5% dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

Kontribusi laba bersih dari sektor pembiayaan roda dua (FIFGROUP) tumbuh sebesar 12%, mencapai Rp 2,2 triliun. Sementara itu, unit bisnis pembiayaan roda empat Astra Financial (ACC dan TAF) meningkat 2% menjadi Rp 1,1 triliun.

Di sektor pembiayaan alat berat (SANF dan KAF), kedua perusahaan tersebut menyalurkan Rp 6,2 triliun, naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontribusi laba bersih dari segmen ini juga meningkat 7% menjadi Rp 97 miliar.

Menurut laporan OJK, per Juni 2024, total pembiayaan yang disalurkan oleh 147 perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK mencapai Rp 492,17 triliun, meningkat 10,72% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Di sektor asuransi umum, Asuransi Astra mencatat peningkatan laba bersih sebesar 11% menjadi Rp 763 miliar, didorong oleh peningkatan pendapatan underwriting dan hasil investasi yang lebih tinggi.

Sementara itu, di sektor asuransi jiwa, Astra Life mencatatkan premi bruto sebesar Rp 3,0 triliun, turun 3% dibandingkan tahun sebelumnya.

Direktur Astra sekaligus Director-in-Charge Astra Financial, Rudy Chen, menambahkan Astra Financial senantiasa berupaya memberikan pelayanan prima, seperti yang terlihat dari dua perusahaan asuransi, di mana Asuransi Astra menduduki posisi Top 3 Asuransi Umum di Indonesia dan Astra Life berada di posisi Top 10 Asuransi Jiwa di Indonesia.

"Kami berharap produk dan layanan asuransi kami dapat memberikan perlindungan yang menyeluruh bagi pelanggan di seluruh Indonesia," katanya.

Sejak 2018, Astra Financial aktif mengembangkan layanan keuangan berbasis teknologi guna meningkatkan konektivitas layanan dan memberikan customer journey & experience terbaik.

Hal ini terlihat dari peluncuran Maucash (2018), AstraPay (2021), Moxa (2021), SEVA (2022), serta layanan perbankan digital dari Bank Jasa Jakarta, yaitu Bank Saqu pada November 2023 lalu.

Astra Financial bersama unit bisnisnya juga aktif melakukan literasi dan inklusi keuangan kepada para pelanggan serta pemangku kepentingan lainnya. Astra Financial berupaya untuk terus bertumbuh baik secara portofolio bisnis dengan memperhatikan sisi keberlanjutan serta mendukung capaian Astra Sustainability Aspirations 2030.

Aspirasi keberlanjutan yang diterapkan Astra Financial berfokus pada:

Penurunan emisi gas rumah kaca
Peningkatan bauran energi terbarukan
Reduksi intensitas pengambilan air
Daur ulang limbah
Zero fatality dan pencegahan kecelakaan kerja, serta
Program pengembangan masyarakat.

Astra Financial turut aktif mendorong ekosistem sustainable finance di Indonesia melalui pengembangan portofolio hijau dalam bisnis pembiayaan dan asuransi pada beberapa sektor, seperti Transportasi Ramah Lingkungan, Energi Baru Terbarukan, Efisiensi Energi, UMKM, Pencegahan dan Pengendalian Polusi, serta Investasi pada Obligasi Hijau.

Astra Financial juga mendukung upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, dengan lebih dari 7.500 penerima manfaat pada semester 1 2024. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini