Survei LKPR, Elektabilitas Romi Pepet Petahana Haris

Survei LKPR, Elektabilitas Romi Pepet Petahana Haris

34,899
0

JAMBIIN.COM-Bakal calon gubernur Jambi Romi Hariyanto disebut sebagai bakal calon gubernur yang mempunyai elektabilitas yang akan terus menanjak. Ini disebabkan Romi Hariyanto lebih diterima daripada bakal calon gubernur lainnya. 

Hal ini berdasarkan Lembaga Kajian Politik Regional (LKPR) yang merilis elektabilitas terbaru Calon Gubernur Jambi 2024 mendatang, Kamis (10/8).

 

Menurut Noviardi Ferzi Direktur Eksekutif LKPR, Romi Hariyanto merupakan bakal calon gubernur yang menjadi lawan serius dalam pilgub Jambi 2024 mendatang. 

 

"Kenapa Romi, karena ada harapan baru dan berbeda dengan calon gubernur lain. Romi lebih diterima dan menerima di Jambi," ujar Noviardi. 

 

Sementara itu untuk bakal calon gubernur petahana Al Haris saat ini masih menunjukkan elektabilitas stagnan.

 

Selain itu Al Haris, kinerjanya belum nampak di tahun ketiga, perlambatan ekonomi dan persoalan Batubara. 

Lalu kedua masyarakat menilai komunikasi dia selaku pimpinan tidak egaliter, serta ketiga persoalan ceremony yang tidak ada henti. 

 

"Ibarat main bola dari dia berperan sebagai penyerang sampai ke kiper ada tapi tidak pernah ada gol," katanya. 

 

Lalu dengan Sy Fasha belum menyatakan gubernur masih mau maju DPR-RI dan menyelesaikan jabatan sebagai wali kota. 

 

"Belum ada pernyataan Sy Fasha mau maju gubernur tapi masih fokus maju calon anggota DPRRI," katanya. 

 

Hasil survei saat ini hasilnya, petahana Al Haris masih diposisi teratas diikuti Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto dan Walikota Jambi Syarif Fasha.

 

Survey ini digelar mulai dari 25 Juli sampai 03 Agustus 2023, dilakukan di 11 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi. Jumlah sampel yang diambil 600 responden dengan 600 responden pembanding.

 

Margin of error +- 2% pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan tenaga terlatih.

 

Direktur Eksekutif LKPR Dr Noviardi Ferzi mengatakan, dari pertanyaan tertutup enam Calon Gubernur yang diajukan kepada respon diketahui bahwa Gubernur Al haris memiliki elektabilitas di angka 22,67 persen.

 

"Kemudian disusul oleh Romi Haryanto 15,50 persen, Syarif Fasha 12,33 persen, Mashuri 9,50 persen, Fadhil Arief 6,33 persen," katanya pada Kamis, 10 Agustus 2023.

 

Elektabilitas Al Haris memang berbanding terbalik dengan popularitasnya yang berada di angka 89 persen.

 

"Memang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur Al Haris hanya 58,83 persen, bandingkan dengan Romi dan Fasha yang angkanya di sekitar 60 an persen," tambahnya.

 

Sementara itu, Pengamat Politik Navarin Karim menyebutkan dari hasil survey ini nama Mashuri harus mendapat perhatian.

 

"Dia Bupati yang prestasinya menekan inflasi terendah di Provinsi Jambi, posisinya juga sebagai ketua DPD Demokrat Jambi, modalnya cukup bagus," ungkapnya.

 

Dijelaskan Navarin, nantinya akan banyak faktor yang dapat mempengaruhi pilihan masyarakat terhadap para Calon Gubernur ini. Termasuk siapa wakilnya dan program-program yang disiapkan.

 

"Masih terlalu dini, masih banyak waktu untuk para nama-nama ini menaikkan elektabilitasnya menjelang pemilihan nanti," pungkasnya. (bin)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini