Rapimnas SMSI 2023 Fokus Pada Pemilu Damai

Rapimnas SMSI 2023 Fokus Pada Pemilu Damai

30,265
0

JAMBIIN.COM, JAKARTA-Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) 2023 akan diadakan di Banten pada 28 Oktober 2023, bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda. 

Ketua Umum SMSI, Firdaus, bersama Wakil Ketua Umum, Hendra J Kede, dan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan PP SMSI, Mohammad Dawam (Gus Dawam), telah berkoordinasi di Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2023), untuk merancang acara tersebut.

Pada Rapimnas kali ini, akan dibahas peran penting SMSI dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang damai dan kondusif. 

Acara ini juga akan menghadirkan pemimpin Mabes Polri dan Kompolnas sebagai narasumber.

Firdaus menekankan tema utama Rapimnas yang sudah disepakati yaitu "Pemilu Damai Indonesia Sejahtera", dengan sub-tema seperti "Media Siber Berkualitas Mewujudkan Pemilu Damai, Investasi Berkelanjutan, dan Indonesia Maju". 

Sub tema lain yang dibahas adalah "Optimalisasi Sinergi Peran Polisi dan Media Siber Mewujudkan Pemilu Damai, Aman, dan Nyaman".

Gus Dawam menambahkan pentingnya peran pers sebagai pilar keempat demokrasi untuk berpartisipasi aktif menciptakan pemilu yang damai dan menjamin stabilitas negara, terutama media siber. 

Menurutnya, tanpa stabilitas, investasi di Indonesia akan terhambat dan tujuan mencapai "Indonesia Maju" akan sulit dicapai.

Dalam rangka mencapai hal tersebut, Gus Dawam berjanji untuk berupaya agar Ketua Harian Kompolnas dan Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri dapat hadir sebagai pembicara pada Rapimnas. 

Ia juga menekankan pentingnya SMSI menjalin kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menciptakan sinergi positif, tidak hanya pada isu pemilu, tetapi juga pada isu-isu lainnya. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini