Gubernur Al Haris Dorong Pembangunan Jembatan Sungai Rambut di Tanjung Jabung Timur

Gubernur Jambi Al Haris bersama Kemendagri dan Kementerian/Lembaga terkait.

Gubernur Al Haris Dorong Pembangunan Jembatan Sungai Rambut di Tanjung Jabung Timur

7,849
0

JambiIN.com–Gubernur Jambi, Al Haris, bersama Kemendagri dan Kementerian/Lembaga terkait, melakukan pembahasan usulan pembangunan Jembatan Sungai Rambut di Kabupaten Tanjung Jabung Timur di Hotel Millenium, Jakarta, pada Rabu (4/9/2024).

Pembahasan ini dihadiri oleh Kepala Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD, Valentinus Sudarjanto Sumitu; Analis Kebijakan Ahli Madya Sekretariat Wakil Presiden, Dunny Widyanto; dan anggota DPR RI Dapil Jambi, A Bakri.

Gubernur Al Haris menegaskan komitmennya untuk mendorong pembangunan Jembatan Sungai Rambut, yang akan menghubungkan pelabuhan Ujung Jabung dan tiga kecamatan di sekitarnya.

“Kami telah mengajukan proposal kepada Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) mengenai pembangunan Jembatan Sungai Rambut. Kami memerlukan kepastian hukum untuk proyek ini, karena dana negara sudah ada untuk pembangunan sebagian dermaga dan tiang pancang,” ujar Al Haris.

“Jembatan ini bukan hanya untuk mengakses pelabuhan tetapi juga untuk tiga kecamatan. Kami berharap ini menjadi fokus bersama dengan kementerian terkait, Setwapres, dan Kemendagri. Semoga meskipun pembangunan ini mungkin baru terealisasi pada 2025 atau berikutnya, semua dokumen sudah lengkap dan siap untuk pembangunan,” tambah Al Haris.

Sementara itu, Dunny Widyanto, Analis Kebijakan Ahli Madya Sekretariat Wakil Presiden, memberikan apresiasi kepada Gubernur Al Haris atas tindak lanjut yang dilakukan terkait usulan pembangunan Jembatan Sungai Rambut.

“Kami dari Sekretariat Kepresidenan, sebagai bagian dari Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD), menyambut baik kedatangan Bapak Gubernur dan tim yang membawa proposal proyek ini. Kami mendukung penuh usulan proyek ini,” ungkap Dunny.

“Untuk tindak lanjut, kami akan mengikuti mekanisme di DPOD dan mengundang beberapa kementerian/lembaga untuk melengkapi proses ini, sehingga proyek ini dapat dipercepat. Kami akan menyampaikan laporan kepada Bapak Gubernur dan Pemda Jambi. Kami berharap proyek ini menjadi salah satu unggulan di Jambi dan mendukung potensi ekonomi Indonesia,” tambah Dunny.(*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar