Diskominfo Provinsi Jambi Hadiri Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 2024

Diskominfo Provinsi Jambi Hadiri Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 2024

20,951
0

JambiIn.com–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi menghadiri kegiatan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional (SSN) 2024 yang berlangsung di The Stones Hotel-Legian Bali, Autograph Collection, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Rabu (10/7/2024).

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI bekerja sama dengan BPS Provinsi Bali ini diikuti langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Ariansyah, beserta jajaran terkait dan para Walidata Tingkat Daerah se-Indonesia.

Kolaborasi SSN 2024 dibuka oleh Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS RI, Imam Machdi. 

Dalam sambutan dan arahannya, Imam Machdi berharap SSN dapat optimal dan benar-benar bermanfaat bagi seluruh instansi pemerintah. Ia juga menyampaikan bahwa Satu Data Indonesia dan Sistem Statistik Nasional pada prinsipnya adalah dua hal yang saling menguatkan.

“Satu Data Indonesia mengatur kolaborasi antar instansi pemerintah melalui forum Satu Data Indonesia, interoperabilitas data antar Kementerian/Lembaga/Instansi Daerah agar kita bisa berbagi data, memanfaatkan kode referensi, dan memasukkan data induk sebagai standar data dan metadata baku,” ujar Imam.

"Dalam Sistem Statistik Nasional, kita melakukan hal yang sama. Kita melakukan kolaborasi, koordinasi, integrasi data, akses data, sinkronisasi data, dan standardisasi. Artinya, apabila kita menyelenggarakan Sistem Statistik Nasional, itu sama dengan menyelenggarakan Satu Data Indonesia, sehingga apa yang kita lakukan akan mewujudkan dua hal yang menjadi inisiatif nasional,” lanjutnya.

Rangkaian kegiatan Kolaborasi SSN 2024 yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 10-11 Juli 2024 mencakup beberapa sesi diskusi panel. Pada sesi pertama, narasumbernya antara lain:

Shinta Nurhariyanti dari Kementerian Kominfo RI dengan materi Kebijakan Penerapan Interoperabilitas Data Statistik di Tingkat Daerah.

Ucup Hidayat dari Kementerian Dalam Negeri RI dengan materi Pemanfaatan Data-data Statistik Sektoral pada e-Walidata Sistem Informasi Pemerintah Daerah.

Alex Oxtavianus dari Kementerian PPN/Bappenas dengan materi Perkembangan Penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Tingkat Daerah.

Perwita Sari dari Kementerian PAN-RB dengan materi Tata Kelola Data Berbasis Arsitektur SPBE untuk Mewujudkan Pemerintahan Digital yang Efektif, Lincah, dan Kolaboratif.

Diskusi Panel ini dipandu oleh moderator Ari Nugraha dari Fungsional Ahli Utama BPS.

Sesi diskusi panel berikutnya disampaikan oleh narasumber dari Direktur Diseminasi Statistik dengan materi Penguatan Penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Pemerintah Daerah dan Deepa Wright (ABS Strategic Partnership Manager, Data Strategy-Statistics Indonesia) dengan materi Data Stewardship and The National Statistical System in Australia, dipandu oleh moderator dari Fungsional Ahli Utama BPS RI.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama terkait data statistik sektoral yang berkualitas. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Paisal Kumar