Dishub Jambi dan PT SAP Mulai Uji Coba Kantung Parkir Batubara

Dishub Jambi dan PT SAP Mulai Uji Coba Kantung Parkir Batubara

187,775
0

JAMBIIN.COM, JAMBI  - Dalam upaya mengurangi kemacetan yang terjadi di ruas jalan Kabupaten Batanghari akibat penumpukan truk batubara. PT Sahri Anugerah Pusaka (SAP) yang berkerjasama dengan Pemprov Jambi, mulai uji coba Kantung Parkir di Jalan Muara-Bulian Tembesi. 

Tidak hanya kantung parkir, PT SAP juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk para supir batubara sambil menunggu antiran menuju stokpile pelabuhan. Kenyamanan para Sopir, menjadi prioritas PT SAP. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ismed Wijaya usai launching Kantung Parkir bersama PT SAP, Jumat (10/2) mengatakan, kantung parkir menjadi salah upaya mengurangi kemacetan, dimana nanti mobil dari mulut tambang akan singgah terlebih dahulu dan berangkat jika sudah masuk jam operasi.

Terkait pengamanan dan penindakan angkutan batubara yang melanggar, telah disiapkan 120 personel pengamanan yang sudah di SK-kan Gubernur Jambi.

Untuk pos pengamanan, akan ada di Kotoboyo, Jebak, Pal 5 Tembesi, BBC Bulian, Polsek Pemayung, Polsek Pijoan, Polsek Mestong dan di Pal 10 Kota Jambi serta Sijenjang. Cek poin kendaraan dilakukan di dua tempt, yakni kantung parkir Terusan dan Pal 10 Kota Jambi.

"Kami berharap anggota semua bekerja dengan sepenuh hati, dan dapat menciptakan lalu intas angkutan batubara yang lancar, agar kemacetan dan kerawanan kecelakaan lalu lintas dan kerusakan jalan, bisa kita tekan sedini mungkin," kata Ismed.

Ismed juga menegaskan, kepada personel bahwa angkutan batubara yang beroperasi adalah angkutan berplat nopol Jambi serta memiliki stiker nomor lambung.

Sementara itu, Direktur  PT SAP, Arya Wijaya mengatakan, terjadinya kemacetan truk batubara yang merugikan pengguna jalan lain, yakni di Simpang Paal 5 Tembesi menuju simpang BBC Bulian, lebih kurang panjangnya 17 Km. 

"Kita sudah pelajari bahwa wilayah ini memang sangat rawan. Soalnya pertemuan, dari Kabupaten Sarolangun-Merangi-Kerinci, dan Bungo-Tebo. Penumpukkan truk batubara terjadi berjam-jam. Sehingga masyarakat sangat resah," kata Arya. 

Kantung parkir atau resta area ini, jelasnya, akan disediakan di Simpang Terusan Batanghari. Apabila pada pukul 3 pagi kendaraan angkutan batu bara tidak bisa melintas di simpang BBC Bulian, maka akan kita putar balik untuk menuju kantung parkir atau restarea ini. Sehingga penumpukan yang mengakibatkan kemacetan akan terurai.  

Terakhir Arya menegaskan, PT SAP sudah siap berkomitmen dan berani menegakkan aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

Selain menyediakan kantung parkir, PT SAP juga akan merangkul dan membuka peluang untuk para transportir yang belum memiliki Izin Pengangkutan Penjualan (IPP) agar sesuai dengan peraturan yang sudah si tetapkan oleh kementrian terkait.

"PT SAP akan bekerja sama dengan Pemprov Jambi dan bersinergi dengan warga di sekitar lingkaran kantong parkir agar kantong parkir ini dapat menjadi solusi untuk mengurai kemacetan yang sedang menjadi momok bagi pengusaha batubara dan investor di Pemprov Jambi," ujarnya.

Arya menambahkan,  PT SAP didirikan oleh putra asli daerah Provinsi Jambi dan PT SAP ingin membangun Jambi sejalan dengan Pemprov Jambi.(*).

Penulis:

Editor: