Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang Mulai 2-5 April 2024 di Jalur Pemudik

Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang Mulai 2-5 April 2024 di Jalur Pemudik

32,771
0

JambiIn.com-Bank Indonesia (BI) telah mengumumkan ketersediaan layanan penukaran uang rupiah di jalur mudik untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat menjelang momen Lebaran.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim, menjelaskan bahwa layanan penukaran uang di jalur mudik akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 April 2024 melalui Program BI Peduli Mudik. 

Layanan ini akan tersedia di rest area jalan tol dan pusat transportasi seperti pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.

"Kita membuka layanan penukaran di titik-titik jalur mudik masyarakat," kata Marlison Hakim dalam keterangannya, dikutip Jumat (29/3).

Titik layanan penukaran uang rupiah di jalur mudik telah ditetapkan, dengan rest area KM 57 menjadi lokasi untuk wilayah Jakarta. 

Sedangkan titik-titik lain akan dibuka oleh BI Cirebon, BI Semarang, BI Tegal, hingga Surabaya.

Marlison menegaskan bahwa layanan penukaran uang di jalur mudik dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat yang hanya perlu membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Tahun ini, BI meningkatkan jumlah uang tunai yang dapat ditukarkan oleh masyarakat menjadi Rp 4 juta dari sebelumnya maksimal Rp 3,8 juta. 

Dengan nominal tersebut, masyarakat dapat menukarkan uang dengan pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, dan Rp 50.000 sesuai kebutuhan. (*)

Penulis: Khotib Syarbini

Editor: Khotib Syarbini