Arus Pendek Listrik, Sekolah Dasar di Tanjab TImur Terbakar

Arus Pendek Listrik, Sekolah Dasar di Tanjab TImur Terbakar

155,780
0

JAMBIIN.COM, MUARASABAK- Kebakaran hebat terjadi lagi di Kabupaten Tanjab Timur, Minggu siang (9/4/2023. Kali ini bangunan SD negeri 105 di SK 8, samping Kantor Desa Rantau Makmur, Kecamatan Berbak yang ludes dilalap Si Jago Merah.

Kapolsek Berbak, Iptu Budi Santoso, dikonfirmasi mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13.30 Wib. Kejadian pertama kali diketahui oleh saksi atas nama Arif dan Yudi, yang saat itu tengah memancing di kanal parit di dekat SD tersebut.

Saat itu, kedua saksi yang tengah memancing dikejutkan dengan adanya suara ledakan dari arah SD yang berada tepat di samping kantor desa tersebut. "Saat mendengar ledakan itu, kedua saksi melihat ada kobaran api yang membakar salah satu ruangan di sekolah tersebut," katanya.

Melihat kejadian itu, kedua saksi bergegas menghubungi Kades Rantau Makmur dan mengabarkan bahwa ada musibah kebakaran yang terjadi di SDN 105. "Tidak berselang lama, masyarakat yang mengetahui kejadian itu langsung mendatangi lokasi. Mereka membantu memadamkan api bersama anggota Polsek, Babinsa, petugas Desa Tangguh Bencana (Destana) dan Damkar Kecamatan," jelas Budi.

Beberapa jam kemudian, api akhirnya berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Sebab saat kebakaran, sekolah dalam kondisi kosong dikarenakan hari libur belajar.

Namun, Akibat kejadian itu, empat ruangan di SD tersebut ludes dilalap api.

"Empat ruangan itu yakni dua ruangan kelas belajar, satu gedung perlengkapan pramuka, dan satu ruangan kosong. Selain itu, kejadian ini juga menghanguskan meja dan kursi belajar sekolah sekitar 40 set serta lemari arsip," ungkapnya.

Menurut Budi, dugaan sementara sumber api berasal dari hubungan arus pendek atau korsleting listrik. Untuk estimasi kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta. (***)

Penulis:

Editor: