PELEPASAN: Wakil Wali Kota Jambi, Maulana melepas puluhan petugas yang akan mengecek kesehatan hewan kurban di Kota Jambi.

4.128 Hewan Kurban Terdata di Kota Jambi

Maulana Lepas 40 Petugas Kesehatan Hewan

85,209
0

JAMBIIN.COM, JAMBI - Sebanyak 40 petugas kesehatan hewan diturunkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi untuk memeriksa kesehatan hewan kurban pada Idul Adha 2023. Mereka akan memeriksa sebanyak 4.128 hewan ternak yang sudah terdata, agar terhindar dari segala ancaman penyakit.

"Untuk memeriksa seluruh hewan kurban agar terbebas dari segala penyakit, Pemkot Jambi menurunkan sebanyak 40 petugas kesehetan hewan," kata Wakil Wali Kota Jambi Maulana, saat pelepasan petugas kesehatan hewan, dalam rangka Idul Adha 2023 di kandang ternak milik Indra di Mayang, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Senin (26/6).

Dikatakan Wawako Maulana, dalam rangka menyambut hari raya kurban, pihaknya menurunkan 40 petugas kesehatan hewan. Karena hampir disemua pelosok kota Jambi, Masjid, Mushalla, dan kantor mengadakan penyembelihan hewan kurban.

Program ini sebut Maulana, untuk memastikan daging kurban yang akan di distribusikan pada masyarakat terbukti aman, sehat, utuh dan halal.

“Ini yang penting dilakukan. Rutin kita lakukan setiap tahun, sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai pemerintah,” katanya.

40 petugas kesehatan hewan tersebut akan turun ke 86 titik pedagang hewan kurban yang ada di kota Jambi.

“Kami berharap masyarakat yang hendak berkurban bisa membeli hewan kurban pada tempat yang terjamin kesehatannya. Saat penyembelihan nanti tim kita juga akan turun dan mengambil sample,” tambahnya.

Maulana mengungkapkan ada sebanyak 4.128 hewan kurban yang akan disembelih di kota Jambi pada tahun ini.

“Kalau kondisi ekonomi baik jumlah kurban meningkat, tahun ini kondisi ekonomi kota Jambi membaik,” sebutnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, Boy Evridal Asri, untuk pendataan ketersedian hewan kurban sudah dilakukan pihaknya sejak 20 hingga 22 Juni lalu, kemudian pemeriksaan hewan kurban berlangsung pada 26-28 Juni.

“29 hingga 1 Juli kita lakukan monitorong pemotongan hewan kurban,” sebutnya.

Ada 40 petugas kesehtan hewan kurban yang diturunkan, diantaranya 30 orang ASN Dinas Pertanian dan 10 orang merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jambi.

Sementra Indra, pemilik kandang hewan kurban di Mayang Kota Jambi mengatakan, untuk permintaan hewan kurban secara umum pada 2023 ini biasa saja, hampir sama dengan tahun sebelumnya.

“Namun peningkatan harga memang ada, rata-rata meningkat Rp1 juta,” katanya.
Kata Indra, ditempatnya sudah ada 250 sapi kurban yang dipesan untuk Idul Adha 1444 H ini.

“Tempat saya, ada sekitar 250 sapi yang sudah dipesan hingga saat ini (kemarin, red), kambing 91 ekor,” ujaranya.

Sapi yang dijual Indra mulai dari harga Rp 18 juta hingga Rp 85 juta.

“Sapi pak presiden dipesan disini. Beratnya sekitar 850 kg dengan harga Rp 85 juta,” pungkasnya. (ali)

 

Penulis: Ali Ahmadi

Editor: