Ratusan Hektare Sawah Terancam Tak Bisa Digarap

Ratusan Hektare Sawah Terancam Tak Bisa Digarap

86,458
0

JAMBIIN.COM, SUNGAIPENUH - Musim kemarau mulai terjadi di kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh. Bahkan, Ratusan hektar sawah di kota Sungai Penuh terancam tidak bisa garap petani pada musim tanam tahun ini.

Seperti area persawahan warga yang terletak di wilayah Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh, mengalami kekeringan dan terancam tidak bisa di garap.

Hal ini di sebabkan,lantaran putusnya saluran irigasi yang ada di wilayah Kecamatan Kumun Debai, sehingga mengakibatkan pasokan air terhenti serta di tambah lagi datangnya musim kemarau.

Kondisi lahan persawahan yang sudah hampir 3 bulan tidak di garap ini,menyebabkan lahan persawahan sudah di tumbuhi rumputan liar.

Salah seorang warga Dwi karyanto mengatakan, penyebab putusnya saluran irigasi persawahan ini,lantaran  di terjang banjir bandang beberapa bulan yang lalu.

"Ya, Warga sudah berupaya memperbaiki irigasi secara swadaya, namun sempat terhenti, akibat keterbatasan anggaran, "ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa warga yang terkena dampak akibat lahannya tidak bisa di garap, terpaksa harus beralih profesi, guna memenuhi kebutuhan rumah tangga. "Warga ada beralih profesi, ada yang ke kebun,membuat usaha rumahan hingga lainnya, "Ujarnya

Dirinya juga mengakui,banyak di antara warga Kecamatan Kumun Debai yang mengeluh,melihat kondisi seperti serta berharap ada solusi dari Pemerintah. "Kami berharap pihak terkait, untuk membantu warga kami,membangun irigasi yang rusak, agar bisa kembali turun ke sawah, "tandasnya.(sau)

Penulis: Saudi Arabia

Editor: