Kader Golkar yang Sudah Dukung Anies Diminta Memilih

Kader Golkar yang Sudah Dukung Anies Diminta Memilih

42,730
0

JAMBIIN.COM, Partai Golkar secara reami sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi H Cek Endra pun langsung menginstruksikan seluruh kader, pengurus dan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) partai beringin rindang harus tegak lurus memenangkan Prabowo di Pilpres 2024 nanti.

Masalahnya, saat ini banyak kader Golkar Provinsi Jambi sudah bergabung dalam relawan GO Anies Jambi, bagian dari relawan pendukung Bacapres Anies Baswedan.  Sebelumnya, pada awal Aghustus 2023 lalu sekitar 17 kader dan pengurus Golkar Jambi sudah dipanggil dan diklarifikasi terkait dukungan ke Anis ini. Mereka yang dipanggil itu sebagian besar mengakui bergabung di GO Anies.

Lalu bagaimana setelah adanya keputusan DPP ini, apa yang akan dilakukan DPD I Partai Golkar Jambi terhadap kadernya yang sudah memutuskan bergabung di Go Anies? Wakil Ketua Kaderisasi dan Keanggotaan DPD I Partaui Golkar Provinsi Jambi Adri SH mengatakan, setelah ada keutusan DPP ini, seluruh kader Golkar di Jambi wajib tegak lurus mengikuti mkeputusan DPP.

Bagi yang tidak mendukung akan dikenakan sanksi. Mulai dari yang ringan, berat, hingga sampai pada pemecatan. Khusus bagi kader dan pengurus yang sudah jelas jelas bergabung di GO Anies, menurut Adri akan dipanggil lagi. Mereka akan diminta memilih. Ikut Instruksi Partai atau tetap pada pilihannya di Go Anies.

‘’ Mereka yang sudah terlanjur bergabung di GO Anies akan kita suruh memilih. Ikut Instruk DPP atau tetap di Go Anies. Jika tetap ‘nekat’ di Go Anies yang silahkan. Itukan pilihan mereka. Namun,  mereka harus keluar dari Golkar,’’ kata politisi yang biasa dipanggil Panglima Anjali ini.

Adri menegaskan, sekarang DPP sudah memutuskan mengusung Prabowo. Ini tidak main main lagi. Semua kader wajib mematuhi dan ikut keputusan DPP. ‘’ Jadi pilihannya hanya ada dua. Ikut tegak lurus dengan instruksi DPP atau keluar dari Golkar. Itu saja,’’ tegasnya.

Sebelumnya, beberapa kader Golkar menyatakan akan tetap di GO Anies meskipun Golkar mendukung Capres laiin. Penegasan ini salah satunya disampaikan Veri Aswandi selaku koordinator data analisis isu dan keanggotaan DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi.

Ketika itu, Veri mengaku dicecar dengan 13 pertanyaan terkait keberadannya dalam struktur Go Anies Provinsi Jambi. "Saya sudah diminta klarifikasi oleh DPD Golkar. Saya membenarkan tergabung dalam relawan Go Anies," kata Veri selaku Koordinator Data Analisis Isu dan keanggota Go Anies usai diperiksa DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi awal Agustus 2023 lalu.

Bahkan dia mengaku siap dan tetap berada di Go Anies mesti Golkar mendukung Bacapres lain. "Saya tetap Go Anies, dan siap apapun konsekuensinya," tegas Veri.
Lebih lanjut Veri menegaskan, dirinya akan tetap kekeh mendukung Anies Baswedan. "Karena menurut saya hanya Anies yang bisa membawa perubahan," pungkas.

 Hampir sama dengan Veri, Wakil Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi, Asari Syafeii juga tetap ngotot berada di Go Anies. Sumber di Partai Golkar Provinsi Jambi mengatakan, Asari Safeii menyampaikan beberapa poin dalam klarifikasi terkait SK Go Anies Provinsi Jambi.

Diantaranya, Asari menyebutkan kepengurusan Go Anies didominasi oleh kader-kader Partai Golkar. Kemudian, dia juga membenarkan dalam SK Go Anies Provinsi Jambi dia ditunjuk sebagai Ketua Go Anies Provinsi Jambi.

Selanjutnya, Asari menyatakan, yang melatarbelakangi  dia bergabung di Go Anies karena kekecewaan tidak masuk dalam daftar bacaleg. Padahal dia sudah bersurat ke DPD Partai Golkar Provinsi Jambi dan ke DPP Partai Golkar tentang kepastian permohonan sebagai pengajuan diri untuk dicalonkan dalam Pileg 2024.

Alasan lainnya, karena belum ada sikap dan keputusan dari DPP Partai Golkar terkait calon presiden dari Partai Golkar. Selain itu, Asari juga menegaskan, jika DPP Partai Golkar memutuskan calon selain Anies, maka dirinya tetap mendukung Go Anies. Dia pun menyatakan siap menerima konsekuensi keputusan partai. Asasri juga menyatakan siap dikonfrontir dengan para pengurus Partai Golkar yang berada dalam SK Go Anies Provinsi Jambi.(fey/ist)

Penulis: Khusnizar

Editor: